JK Ajak Semua K/L dan Pemda Bangkit, Raih Prestasi 'Unicorn'

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kementerian, juga lembaga-lembaga pemerintah, meraih prestasi layaknya unicorn atau perusahaan yang sukses memiliki nilai valuasi besar.

Menurut JK, lembaga-lembaga pemerintah yang berkinerja baik, serta dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dalam melaksanakan tugasnya, bisa juga diibaratkan sebagai unicorn. Istilah itu terkenal usai menjadi salah satu topik pembahasan dalam debat Pilpres 2019.

"Kalau di bidang bisnis itu dikenal start up, atau juga unicorn yang ramai di kampanye Pemilu. Maka, kementerian, lembaga, yang mendapat penghargaan saat ini juga mungkin bisa dikatakan mendekati seperti unicorn itu," ujar JK dalam Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis 28 Maret 2019.

JK menyampaikan, lembaga-lembaga pemerintah yang masih berupaya mencapai standar minimum bisa diibaratkan start up atau perusahaan yang benar-benar baru dirintis. Sementara, layaknya perusahaan start up, lembaga-lembaga pemerintah itu harus benar-benar meraih prestasi untuk menjadi unicorn.

"Unicorn juga berasal dari start up - start up yang maju. Sehingga kemajuan itu beriringan. Memang apabila tidak dimulai dari sekarang, maka akan ketinggalan terus," ujar JK.

Dalam acara, ada 18 lembaga pemerintah yang mendapat penghargaan. Lembaga-lembaga itu adalah:

Kementerian
1. Kementerian Keuangan
2. Kementerian Pariwisata
3. Kementerian PUPR

LPNK
4. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN)
5. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
6. Badan Pusat Statistik (BPS)

Lembaga lainnya
7. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
8. Mabes Polri
9. Polda Jabar

Provinsi
10. Jateng
11. DIY
12. Jabar

Kabupaten
13. Banyuwangi (Jatim)
14. Batang (Jateng)
15. Pandeglang (Banten)

Kota
16. Surabaya (Jatim) 
17. Semarang (Jateng) 
18. Tangerang Selatan (Banten)

(ren)