Mantan Direktur BTN Jadi Komisioner BP Tapera

Komisoner BP Tapera Adi Setianto.
Sumber :
  • M Yudha Prastya/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Ketua Komite Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera, Basuki Hadimuljono, melantik mantan Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk, Adi Setianto, sebagai Komisioner Badan Pengelola Tapera atau BP Tapera.

Pelantikan yang dilakukan di kantor Kementerian PUPR sore tadi, turut dihadiri oleh sejumlah menteri seperti misalnya Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Usai pelantikan, Komisoner BP Tapera, Adi Setianto mengungkapkan, pihaknya telah mendapat Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2,5 triliun, sebagai biaya operasional awal dan capital expenditure atau capex. Anggaran tersebut masih akan ditambah dengan suntikan modal lainnya sampai sekitar Rp12 triliun, usai melebur dengan Bapertarum nantinya.

"Dana itu lah yang nantinya harus kita kelola dengan cukup, tepat waktu, dan tepat kelola. Transisi modelnya masih dibuat," kata Adi di kantor Kementerian PUPR, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 29 Maret 2019.

Adi mengatakan, pihaknya sudah siap mengemban tugas BP Tapera. Dengan menyusun fondasi yang efisien dan produktif guna mengemban amanah regulasi di bidang perumahan.

Selain persiapan dan mekanisme pengelolaan sumber daya manusia, upaya membangun sistem guna pengelolaan dana jangka panjang pun masih digodok pihaknya di awal kepengurusan BP Tapera saat ini.

"Karena dana yang kita kelola ini kan memang disiapkan untuk jangka panjang di sektor perumahan. (Rentang waktu pendanaan) rumah kan bisa mencapai 20 tahun," ujarnya.

Di bawah ini adalah daftar nama Komisioner dan Deputi Komisioner dalam pengurusan BP Tapera terbaru, yang dilantik hari ini:

1. Adi Setianto sebagai Komisioner
2. Ariev Baginda Siregar sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera
3. Nostra Tarigan sebagai Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi
4. Eko Ariantoro sebagai Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera
5. Gatut Subadio sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera