Alokasikan US$40 Juta, Telkomsel Fokus ke Pendanaan Startup

Alokasikan US$40 Juta, Telkomsel Fokus ke Pendanaan Startup. (FOTO: Aceh bisnis)
Sumber :
  • wartaekonomi

PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) meresmikan entitas anak perusahaan baru bernama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Berstatus sebagai perusahaan modal ventura, TMI akan fokus pada investasi pendanaan seri B bagi startup-startup di Indonesia. 

Setidaknya, Telkomsel mengalokasikan dana sebesar US$40 juta atau setara dengan Rp575 miliar melalui TMI dan akan bekerja sama dengan perusahaan Telkom VC MDI Ventures dan InnovS. 

Sebagai perpanjangan tangan Telkomsel, TMI akan mengelola dana investasi tersebut guna memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam berbagai unit bisnis Telkomsel. 

Perusahaan-perusahaan rintisan berbasis big data, IoT, dan sektor media menjadi target utama TMI dalam menyuntikkan dana investasi. Perusahaan semacam itu diklaim mempunyai potensi besar untuk berkolaborasi dengan Telkomsel. 

Sebagai informasi, operator seluler terbesar di Indonesia itu memang tengah giat menjadi pendukung startup di Indonesia. Hal itu dilakukan lantaran bisnis intik milik Telkomsel semakin menurun di tengah eksistem digital yang saat ini berkembang pesat. 

Pada tahun 2005 lalu misalnya, Telkomsel merilis NextDev, progra akselerator yang bertujuan untuk membantu startup lokal dalam meningkatkan skal bisnisnya. Setidaknya, sudah ada 5.000 startup di 20 kota dari seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan NextDev. (ben)