Puncak Arus Balik, AP II Prediksi 215 Ribu Penumpang Padati Soetta

Bandara Soetta yang dikelola oleh AP II
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin memprediksi, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten akan dipadati sekitar 200 ribu penumpang baik itu domestik atau internasional.

"Untuk prediksi pergerakan penumpang pada puncak arus balik, kalau dihitung dari hari ini, mungkin dari total 16 bandara itu akan mendekati angka 300 ribu hari ini atau besok. Tapi, untuk Soekarno Hatta sendiri, sekitar 200 sampai 215 ribu pergerakan penumpang," kata Muhamad Awaluddin kepada VIVA di posko terpadu Terminal 1B, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu, 8 Juni 2019.

Tak hanya terkait dengan pergerakan penumpang, pada pergerakan pesawat pun, pihaknya memprediksi sebanyak 1.200 pesawat baik itu keberangkatan atau kedatangan.

Data sementara di posko terpadu, untuk puncak arus balik gelombang pertama di Bandara Soekarno Hatta sebanyak 659 pesawat dengan rincian 511 penerbangan domestik dan 148 internasional serta 380 keberangkatan dan 279 kedatangan.

Sedangkan data yang telah dilakukan perhitungan pada Jumat, 7 Juni 2019 atau H+2 Lebaran sebanyak 928 pesawat.

Sementara untuk pergerakan penumpang hingga saat ini masih proses perhitungan. Namun untuk data di H+2 hanya 122.484 penumpang.

Terkait dengan kesiapan lainnya dalam arus balik 2019, pihaknya telah menyiapkan layanan berbasis digital dan petugas yang sesuai dengan SOP.

"Ada tiga hal yang penting yakni terimplementasinya SOP yang ditingkatkan di seluruh stake holder bandara. Kedua adalah pemastian kapasitas dan infrastruktur dari keseluruhan yang mendukung operasi ini dan ketiga adalah kesiapan human capitalnya. Untuk fasilitas dan infrastrukturnya terus kita pastikan terkoneksi dengan baik antara stake holder lain," ujarnya.