Wacana Maskapai Asing Akan Masuk, Luhut: Kasih Dulu ke Air Asia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Presiden Joko Widodo sempat mewacanakan agar maskapai asing bisa masuk ke Indonesia. Hal itu bertujuan agar persaingan di industri penerbangan RI menjadi lebih sehat, sehingga harga tiket pesawat yang terjangkau kembali pun bisa terwujud. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, untuk saat ini memang belum ada pembicaraan lebih lanjut soal wacana tersebut. Namun, ia mengingatkan, sejatinya maskapai asing sudah ada yang beroperasi di Indonesia. 

"Kan sudah ada itu, Air Asia sudah lama di sini (selain Air Asia) sampai saat ini belum tahu," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa 2 Juli 2019. 

Ia pun menekankan, kini pemerintah akan memaksimalkan Air Asia terlebih dahulu. Belum ada rencana konkret untuk memasukkan maskapai asing lain ke Indonesia. 

"Kita kasih saja dulu ke Air Asia ngapain buru-buru," tutur dia. 

Dari informasi yang dihimpun, setidaknya ada tiga maskapai asing yang diperkirakan bakal membuka rute domestik atau beroperasi Indonesia. Mereka adalah Air Asia, Jet Star, dan Scoot. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan, spirit atau semangat dari masuknya maskapai asing itu bukan ditekankan kepada maskapai asingnya. Melainkan akan adanya kompetisi di industri penerbangan RI yang pada akhirnya mampu membuat maskapai bersaing menurunkan harga jual tiket penerbangan.