Pertamina Gandeng WASI, Jaga Laut dari Sampah Plastik

Pertamina gandeng WASI, jaga laut dari plastik.
Sumber :
  • Dinia A/VIVA

VIVA – Pertamina bekerja sama dengan Wanita Selam Indonesia atau WASI menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mengajak warga Balikpapan lebih peduli terhadap lingkungannya. Salah satunya, yaitu dengan menggelar aksi pembersihan pantai dan penanaman mangrove di Pantai Lamaru.

Ketua Umum Wanita Selam Indonesia, Tri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya laut bagi kehidupan. Lewat kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya seperti dengan Pertamina, WASI berkomitmen untuk terus berperan aktif.

"WASI akan terus mengembangkan program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kami sebagai penyelam. Kami  juga berusaha melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan, sehingga kesadaran mereka untuk menjaga kelestarian laut semakin meningkat," kata ungkapnya di Pantai Lamaru, Balikpapan, Selasa 23 Juli 2019.

Aksi bersih-bersih pantai tersebut dihadiri oleh berbagai elemen seperti dari Kepolisian, TNI, para nelayan dan puluhan pelajar. Semua pihak yang terlibat bersama-sama membersihkan pantai, mengangkut sampah dan berkesempatan meninjau penggiat anti sampah plastik.

Dalam kesempatan itu, Tri Tito Karnavian dengan didampingi oleh selebriti Hamish Daud yang merupakan Duta Mangrove Indonesia dan Uga Wiranto selaku Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) berkesempatan berdialog dengan penggiat Pengolahan Sampah dari Yayasan Bunda.

"Pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai, tetapi juga membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia," kata istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian tersebut. 

Pihak Pertamina yang diwakili oleh Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ignatius Tallulembang mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh para wanita Indonesia. 

Di samping kegiatan tersebut, PT Pertamina sebelumnya telah melaksanakan kegiatan pelestarian laut seperti di Hutan Mangrove Balongan dan Cilacap, serta budidaya terumbu karang di Teluk Kabung dan Minangkabau.