PUPR Lebarkan 145,9 Km Jalan Lingkar Samosir, Anggaran Capai Rp691 M

Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.
Sumber :

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Pulau Samosir, sepanjang 145,9 kilometer. Dengan nilai investasi mencapai Rp691,44 miliar.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, upaya itu dilakukan untuk meningkatkan konektivitas antardestinasi wisata di pulau tersebut, yang mencakup sejumlah objek wisata seperti Museum Batak di Tomok, Tiga Danau, Tano Ponggol, dan Wisata Tele dan Geopark Sigulati.

"Untuk meningkatkan kualitas jalan beraspal, dan melebarkannya sesuai standar jalan nasional, yaitu tujuh meter ditambah dua meter untuk masing-masing bahu jalan di sisi kanan dan kiri," kata Basuki di Samosir, Sumatera Utara, Selasa 30 Juli 2019.

Basuki mengatakan, upaya preservasi dan pelebaran jalan ini dibagi dalam dua paket pekerjaan, yang sebenarnya sudah dimulai sejak Desember 2016, dengan kontrak tahun jamak.

Paket 1 adalah preservasi dan pelebaran jalan Pangururan-Ambarita-Tomok-Onan Runggu sepanjang 75,9 kilometer, berupa pekerjaan pelebaran jalan dengan nilai kontrak sebesar Rp367,21 miliar.

"Pelaksananya adalah konsorsium antara PT Pembangunan Perumahan dan PT Seneca, dengan masa akhir kontrak Desember 2019," kata Basuki 

Sementara itu, untuk paket 2 adalah preservasi dan pelebaran jalan Tele-Pangururan-Nainggolan-Onan Runggu sepanjang 68,43 kilometer, yang terdiri dari kegiatan pelebaran sepanjang 47,1 kilometer dan pemeliharaan sepanjang 21,33 kilometer.

Alokasi anggaran untuk paket 2 ini mencapai sebesar Rp159,24 miliar, melalui KSO antara PT. Gunakarya, Tunas, dan Kurnia, yang juga akan selesai pada Desember 2019.

Sementara itu, untuk menyelesaikan preservasi dan pelebaran jalan dari Nainggolan ke Pangururan sepanjang 18 kilometer dan dari Onanrunggu-Nainggolan sepanjang tiga kilometer, Basuki mengaku pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp164,99 miliar pada 2020.

"Dengan ketersediaan infrastruktur jalan dalam kondisi mantap itu, diharapkan nantinya akan memudahkan wisatawan mencapai lokasi-lokasi wisata di Pulau Samosir," ujarnya. (asp)