Tahun Depan, 1.000 PNS Bappenas Tak Wajib Ngantor

Suharso Monoarfa datang ke Istana Kepresidenan Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

VIVA – Sekitar 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bappenas pada tahun depan tak wajib ke kantor. Hal itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa.

"Bappenas ingin menjadi contoh dulu. Mudah-mudahan 1 Januari 2020 bisa kita laksanakan," kata dia di kompleks DPR/MPR, Jakarta, Rabu, 20 November 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa mereka nanti bisa bekerja di mana pun asal menyelesaikan tugasnya dengan baik. Sehingga tak semua PNS harus bekerja di kantor.

Karena itu, konsep PNS bekerja tanpa harus ke kantor ini masih akan diuji coba terlebih dahulu. Selain itu, akan dipantau kinerjanya hingga jangan waktu tertentu.  

"Siapa saja asal posisinya sebagai fungsional, kerjanya bisa di mana pun. Yang penting, sepanjang dia bisa me-deliver dan resiprokal," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa lebih enak kerja fleksibel. Hal ini juga untuk menyesuaikan dengan kehidupan modern saat ini, di mana generasi saat ini pun kemungkinan bekerja dengan cara itu.

"Jadi kenapa enggak kita akomodir? Jadi kita punya ibu kota baru itu adalah juga smart city, smart government bisa fleksibel dalam hal pekerjaan," tutur Suharso.