Teknologi Koneksi Rantai Pasok Diklaim Bisa Dongkrak Bisnis E-Commerce

Teknologi Honeywell.
Sumber :
  • Dok. Honeywell

VIVA – Penjualan perdagangan online (e-commerce) di Indonesia diperkirakan akan tumbuh hingga delapan kali lipat, dengan perdagangan elektronik formal mencapai US$40 miliar dan perdagangan sosial hingga US$25 miliar pada 2022, dengan nilai total hingga US$65 miliar.

Selain itu, sebesar 30 persen dari transaksi tersebut adalah baru dan tidak akan kejadian jika bukan karena perdagangan online. Selanjutnya, perdagangan online juga diperkirakan akan menciptakan peluang usaha yang setara dengan 26 juta lowongan kerja pada 2022.

Menurut Presiden Honeywell Indonesia, Roy Kosasih, dengan pertumbuhan yang luar biasa ini, maka para pedagang dan distributor juga mulai memanfaatkan teknologi canggih agar dapat memenuhi tuntutan konsumen terkait pengiriman barang, seperti jadwal pengiriman yang lebih cepat dan biaya pengiriman barang yang lebih rendah.

Honeywell adalah perusahaan perangkat lunak yang induk usahanya, Honeywell International Inc., tercatat di Bursa Saham New York dengan kode emiten HON. Mereka memperkenalkan teknologi koneksi rantai pasok (connected supply chain) untuk pelaku bisnis ritel dalam jaringan (online) dan e-commerce di Indonesia.

"Kami siap membantu industri dalam memanfaatkan teknologi yang tepat dengan serangkaian solusi cerdas yang mampu memfasilitasi gudang dan rantai pasok yang terhubung," ujarnya di Jakarta, Jumat, 22 November 2019.

Artinya, Roy melanjutkan, operator dapat menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang-barang dengan cepat dan akurat menggunakan sistem, perangkat lunak dan keras yang canggih, didukungan dengan sistem kecerdasan buatan dan teknologi komputer seluler.

Salah satu perusahaan yang sudah memakai teknologi Honeywell adalah Blibli.com. Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli.com, Lisa Widodo, mengaku telah menggunakan teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell.

Ia mengaku teknologi ini membantu Blibli dalam perluasan kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, peningkatan produktivitas pengiriman, dan akurasi pemesanan.

Sebagai catatan, pemesanan di Blibli.com menanjak 400 persen pada semester pertama tahun ini dibanding periode sama tahun lalu. Sementara jumlah merchant yang bekerja sama dengan Blibli.com juga melonjak hingga 250 persen.

Sebelumnya, Lisa mengungkapkan masih menggunakan sistem konvensional smartphone. “Pakai produk Honeywell baru untuk picking dan handover. Ini saja sudah membantu 20-30 persen efisiensi dalam bentuk waktu. Kalau skalanya lebih besar maka lebih besar lagi pengaruhnya," papar Lisa.