Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 17 Februari 2020 | 15:06 WIB

Saham Kraft Heinz Anjlok, Warren Buffet Rugi Rp13,6 Triliun

Foto :
  • wartaekonomi
Saham Kraft Heinz Anjlok, Warren Buffet Kecewa Dibuat Rugi Rp13,6 Triliun dalam Dua Hari. (FOTO: theguardian.com)

Konglomerat , baru saja kehilangan lebih dari USD 1 miliar atau Rp13,6 triliun minggu ini setelah saham anjlok 11% dalam dua hari. Miliarder dunia itu diketahui memiliki saham sekitar 27% dari raksasa makanan tersebut, menurut data Bloomberg.

Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Senin (17/2/2020) nilai sahamnya anjlok menjadi USD 8,7 miliar dari USD 9,8 miliar antara Kamis dan Jumat, setelah satu-dua pukulan pendapatan mengecewakan dan penurunan peringkat kredit yang memukul saham Kraft Heinz.

Baca Juga

Pada hari Kamis, pembuat kecap Heinz, makaroni dan keju Kraft mengungkapkan penurunan 5% dalam penjualan bersih kuartal keempat dan penurunan 14% dalam laba per saham yang disesuaikan. CEO Miguel Patricio mengatakan kinerja itu "mengecewakan" dalam siaran pers.

Pada hari Jumat, Fitch memangkas peringkat kredit Kraft Heinz menjadi BBB- dari BB +, menurunkan peringkat obligasi menjadi peringkat non-investasi atau "junk," lapor Bloomberg.

Terpopuler

Lembaga pemeringkat kredit mengutip penyebabnya yakni tumpukan utang perusahaan yang besar, laba yang semakin menipis, dan pandangan negatif.

Saham Kraft Heinz telah menukik hampir 75% dari puncaknya pada Februari 2017, menggaris bawahi besarnya kesalahan Buffett.

"Oracle of Omaha" yang bermitra dengan grup ekuitas swasta 3G Capital, membeli Heinz sekitar USD 28 miliar pada Hari Valentine pada 2013. Mereka kemudian mendanai ulang Heinz dengan USD 50 miliar lewat mega-merger dengan Kraft Foods pada 2015. Kapitalisasi pasar Kraft-Heinz saat ini kurang dari USD 33 miliar.

"Kami mencoba membeli bisnis yang bagus dengan harga yang layak, dan kami melakukan kesalahan pada bagian Kraft dari Kraft Heinz," kata Buffett pada pertemuan tahunan Berkshire tahun lalu. "Kami membayar terlalu banyak uang."

Kraft Heinz Company adalah perusahaan makanan dan minuman terbesar ketiga di Amerika Utara dan perusahaan makanan dan minuman terbesar kelima di dunia. Sebagai produsen makanan lezat tepercaya secara global, The Kraft Heinz Company mengklaim menyediakan kualitas tinggi, rasa yang enak, dan nutrisi untuk semua acara makan baik di rumah, di restoran, atau saat bepergian.

Kraft Heinz Company merupakan nama perusahaan yang digunakan paska merger Kraft Foods dengan Heinz pada tanggal 2 Juli 2015.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Crazy Rich Vietnam, Pakai Perhiasan Emas Seberat 13 Kilogram
TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu
Terbaru