Kisah Permusuhan Para Miliarder Dunia

Punya Banyak Duit, Para Miliarder Dunia Ini Ternyata Malah Bermusuhan! Apa Penyebabnya?. (FOTO: Reuters/Arnd Wiegmann)
Sumber :
  • wartaekonomi

Menjadi miliarder dunia memang kerap memiliki musuh. Tapi, kalau musuhnya juga sama-sama miliarder bagaimana ya? Seperti Jeff Bezos yang ternyata bermusuhan dengan Elon Musk, atau Jack Dorsey dengan Mark Zuckerberg.

Kira-kira kenapa ya mereka bermusuhan? Simak ulasannya di bawah ini sebagaimana dilansir dari Business Insider di Jakarta, Senin (9/3/2020).

1. Steve Jobs dan Bill Gates

Di masa awal Apple dan Microsoft, Steve Jobs dan Bill Gates masih akrab bergaul. Hingga suatu hari di awal 80-an, saat Jobs mengunjungi markas besar Microsoft di Washington untuk meminta Gates membuat perangkat lunak untuk komputer Macintosh. 

Gates kemudian menggambarkan hal itu sebagai kunjungan rayuan dan merasa seolah Jobs mengatakan, "Aku tidak membutuhkanmu, tapi aku mungkin akan membiarkanmu terlibat."

Meski ada kejanggalan di antara mereka, mereka tetap saling ramah sampai 1985. Namun, perselisihan mereka makin memanas ketika Microsoft meluncurkan versi pertama Windows dan Jobs menuduhnya mencuri Macintosh.

Setelahnya, mereka berdua saling bermusuhan. Jobs menyebut Gates membosankan dan Gates menyebut Jobs "orang aneh".

Meski demikian, mereka tetap saling menghormati dan mengagumi. Ketika Jobs meninggal pada 2011, Gates mengatakan, “Saya menghormati Steve, kami harus bekerja sama. Kami saling mendorong, bahkan sebagai pesaing. Tidak ada yang mengganggu saya sama sekali.”

2. Elon Musk dan Jeff Bezos

CEO Amazon Jeff Bezos dan CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk diketahui saling bersaing dalam hal bisnis ruang angkasa mereka.

Bezos mendirikan perusahaan roketnya, Blue Origin, pada tahun 2000, sementara Musk mendirikan SpaceX pada tahun 2002. Dua tahun kemudian, pasangan itu bertemu untuk makan malam, dan keadaan menjadi semakin sengit.

Pada 2013, persaingan mereka memanas ketika SpaceX mencoba untuk mendapatkan penggunaan eksklusif landasan peluncuran NASA dan Blue Origin. SpaceX mengajukan protes  dengan pemerintah. 

Musk menyebutnya sebagai "taktik pemblokiran palsu" dan SpaceX akhirnya memenangkan hak untuk mengambil alih. Beberapa bulan kemudian, kedua perusahaan pun memasuki pertarungan. Lalu, Bezos dan Musk mengambil perseteruan publik dengan saling serang di Twitter.

Ketika BBC bertanya kepada Musk tentang Bezos, dia menjawab, "Jeff siapa?" Sementara itu, Bezos sering mengkritik gagasan menjajah Mars (tujuan utama SpaceX) sebagai gagasan tidak memotivasi.

Mei 2019, Musk menyerang Bezos lagi, menyebutnya peniru lantaran rencana Amazon untuk meluncurkan satelit berseri-internet.

3. Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey

CEO Twitter Jack Dorsey dan CEO Facebook Mark Zuckerberg memang tidak pernah akrab, persaingan antara mereka bahkan memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Facebook diketahui mendapat kecaman selama beberapa bulan terakhir karena keputusannya yang tidak mengecek iklan politik. Sebaliknya, Dorsey mengumumkan Oktober lalu bahwa Twitter menangguhkan iklan politik.

Sementara itu, Zuckerberg mengkritik Twitter, dengan mengatakan bahwa "Twitter tidak bisa melakukan pekerjaan sebaik yang kami bisa," menurut bocoran audio yang diperoleh The Verge.

Jack Dorsey pun meng-unfollow Mark Zuckerberg di Twitter pada bulan Desember lalu.