Keyakinan PA 212 Rizal Ramli Mampu Pecundangi Luhut di Debat

Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Rizal Ramli di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan melakukan debat dengan  Ekonom Senior, Rizal Ramli perihal utang luar negeri pada hari ini, Kamis 11 Juni 2020. 

Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamukmin menyatakan akan mendukung Rizal Ramli dan mereka yakin bahwa yang bersangkutan pasti akan menang melawan Luhut dalam debat tersebut. 

"Tentunya sudah pasti publik menilai Rizal Ramli lah yang akan menang karena Rizal Ramli boleh dikatakan salah satunya begawan ekonomi Indonesia," kata Novel kepada VIVA di Jakarta. 

Novel menuturkan bahwa Luhut adalah sosok kutu loncat yang selalu mengambil kesempatan di bidang apapun sesuai pesanan misi untuk kepentingan kelompok atau golongan khusus. Menurut Novel, Luhut tidak pernah bekerja secara profesional dengan kontribusi minim untuk rakyat.

"Indonesia malah justru merugikan bangsa dan rakyat Indonesia salah satu contoh paling fatal yaitu kasus reklamasi," ujarnya.

Dalam acara debat ini, Kemenko Kemaritiman telah mengundang Rizal melalui pesan singkat untuk hadir dalam debat tersebut. Selain Rizal, Luhut pun turut mengundang dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Djamester Simarmata. 

Djamester sendiri juga turut ingin melakukan debat dengan Luhut terkait utang luar negeri (ULN) Indonesia. 

Sementara itu, Rizal Ramli mengaku siap berdebat dengan Luhut. Ia mempersiapkan jurus double kepret. Selain itu, Rizal mempunyai syarat antara lain apabila ia kalah maka ia tidak akan mengkritik pemerintah lagi. Namun jika menang diminta agar tim ekonomi Jokowi wajib mundur.

"Jurus double-kepret. Kalau Rizal Ramli kalah, dia tidak akan mengeritik pemerintah lagi. Sementara kalau RR, sapaannya menang, dia minta tim ekonomi mundur. Rizal Ramli Siap Ladeni Debat, Luhut dan Tim Ekonomi Harus Mundur Kalau Kalah | Kedai Pena #rrsiapdebat," tulis Rizal di Twitter.