Sunarso Resmi Jadi Direktur Utama BRI

Sunarso resmi jadi Direktur Utama BRI.
Sumber :
  • VIVA/ Fikri Halim.

VIVAnews - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI menetapkan perubahan susunan pengurus perseroan. Sunarso resmi menjadi Direktur Utama yang baru.

Sunarso menggantikan Suprajarto yang diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Utama. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Hadan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno.

Sunarso sebelumnya sudah ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai  Plt Dirut BRI sementara menggantikan Suprajarto yang awalnya digeser ke Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BTN, namun menolak.

"RUPSLB menyetujui pergantian dewan komisaris dan jajaran direksi," ujar Sunarso yang langsung memimpin jumpa pers, di Gedung BRI, Senin 2 September 2019.

Sunarso sebelum ditunjuk sebagai Dirut merupakan Wakil Direktur Utama BRI pada 2019. Dia juga sempat menjadi Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) pada periode 2017-2019. Sebelumnya dia juga menjabat Wakil Direktur Utama BRI pada periode 2015-2017.

Pada tahun 2010-2015, Sunarso merupakan Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri Tbk.  Secara riwayat pendidikan, Sunarso adalah lulusan S1 Agronomi di Institut Pertanian Bogor dan lulusan S2 Administrasi Bisnis di Universitas Indonesia.

Selain menyetujui penunjukan Sunarso sebagai Direktur Utama, RUPSLB juga menetapkan pengurus baru yaitu Catur Budi Harto sebagai Wakil Direktur Utama. Lalu, Herdy Rosady Harman, Agus Sudiarto, Agus Noorsanto dan Azizatun Azhimah sebagai Direksi Bank BRI. Serta, Loeke Larasati Agustina sebagai Komisaris Bank BRI.

Pada saat yang sama, RUPSLB 2019 juga memberhentikan dengan hormat Sis Apik Wijayanto, Osbal Saragi Rumahorbo, R.Sophia Alizsa dan Mohammad Irfan sebagai Direksi BRI.

Berikut susunan Dewan Komisaris dan Direksi BRI:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Andrinof A. Chaniago
Wakil Komisaris Utama: Wahyu Kuncoro
Komisaris Independen: A. Fuad Rahmany
Komisaris Independen: Hendrikus Ivo
Komisaris Independen: A. Sonny Keraf
Komisaris Independen: Rofikoh Rokhim
Komisaris: Hadiyanto
Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto
Komisaris: Loeke Larasati Agustina

Direksi

Direktur Utama: Sunarso
Wakil Direktur Utama: Catur Budi Harto
Direktur Bisnis Kecil, Ritel dan Menengah: Priyastomo
Direktur Bisnis Mikro: Supari
Direktur Konsumer: Handayani
Direktur Jaringan dan Layanan: Ahmad Solichin Lutfiyanto
Direktur Keuangan: Haru Koesmahargyo
Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi: Indra Utoyo
Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN: Agus Noorsanto
Direktur Human Capital: Herdy Rosadi Harman
Direktur Manajemen Risiko: Agus Sudiarto
Direktur Kepatuhan: Azizatun Azhimah