Roy Suryo Tantang Debat PLN soal Tagihan Listrik Melonjak

Roy Suryo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA – Kisruh tagihan listrik yang melonjak tengah ramai jadi bahan pembicaraan di media sosial. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo turut berkomentar mengenai hal itu.

Roy menilai dalam masalah itu ada ketidaktransparanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan karena itu dia menantang berdebat secara terbuka dengan PLN.

"Saya bersedia berdebat dengan PLN untuk membela masyarakat soal ini secara Ilmiah dan terbuka," kata Roy lewat pesan singkatnya pada Rabu, 10 Juni 2020.

Mantan wakil ketua umum Partai Demokrat itu menilai melonjaknya secara tidak wajar kenaikan tagihan PLN yang dikeluhkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia, sebenarnya adalah masalah ketidakkejujuran komunikasi sejak awal.

"Sejak awal tidak diinfo petugas-petugas tidak ke rumah-rumah selama PSBB, juga tidak diinfo pelanggan-pelanggan harus memotret atau mencatat stand meter sebagai bukti," ujar Roy.

Roy juga mengomentari soal video animasi grafis yang dibagikan akun @pln_123 di Twitter. Video itu, menurutnya, justru terkesan tidak mengakui lemahnya komunikasi dan malah terkesan menyalahkan work from home dan bulan Ramadhan sebagai biang melonjaknya tagihan listrik para pelanggan.