Mengenal Sosok Lee Kun-hee, Orang Paling Tajir di Negara Drakor

Orang Terkaya
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nama Lee Kun-hee saat ini tercatat menempati posisi teratas dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan (Korsel). Dari daftar orang terkaya di Korea Selatan, nama pria berusia 78 tahun ini diketahui memiliki kekayaan sebesar $17,3 miliar atau setara Rp251 triliun. Lalu siapa sosok Lee Kun-hee?

Dari data yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber, Lee Kun-hee selama ini memang dikenal sebagai raja bisnis di Korsel. Namanya meroket saat menjadi pimpinan di Samsung Grup. Ya, Lee Kun-hee merupakan anak ketiga dari pendiri Samsung, Lee Byung-chul.

Pada 2014, Lee Kun-hee dipilih sebagai orang paling berpengaruh di dunia urutan ke-35 dan orang Korea paling berpengaruh bersama dengan putranya, Lee Jae-yong. Terlebih selama ini, Lee Kun-hee juga menikahi Hong Ra-hee yang merupakan putri dari seorang taipan media di Korsel. 

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Korea Selatan, Tak Ada yang Artis Drakor

Sejatinya Lee Kun-hee telah mengundurkan diri dari posisi pentingnya di Samsung Grup setelah skandal dana gelap Samsung mencuat pada 2008 silam. Namun ia kembali menduduki tampuk pimpinan Samsung pada 24 Maret 2010.

Pada Mei 2014, Lee Kun-hee yang tercatat sebagai lulusan fakultas seni di Waseda University, Jepang ini sempat mengalami serangan jantung dan harus dilarikan ke rumah sakit. 

Fakta menarik lainnya, anak Lee Kun-hee, Lee Jay-yong pernah masuk penjara selama satu tahun karena kasus suap yang melibatkan mantan presiden Korsel, Park Geun-hye. Anaknya baru keluar dari penjara pada Februari 2018 lalu dan kembali menjadi petinggi Samsung.