Kereta Bandara Soetta Beroperasi Lagi, Jumlah Pengguna Naik 93 Persen

Kereta Bandara
Sumber :
  • ANTARA Foto/Rivan Awal Lingga

VIVA – PT Railink mencatat pergerakan penumpang yang menggunakan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, selama bulan Juli 2020 mencapai 18.786 penumpang. Artinya, jumlah penumpang kereta bandara mengalami kenaikan signifikan.  

"Sejak Kereta Bandara Soetta dioperasikan kembali di tengah pandemi ini, pergerakan penumpangnya terus mengalami peningkatan. Terdata dari minggu pertama sampai minggu terakhir di bulan Juli, peningkatannya naik 93 persen," kata Plt Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, Rabu 5 Agustus 2020.

Dia juga menyebutkan, peningkatan ini tidak lepas dari upaya pengelola untuk terus meningkatkan kepercayaan masyarakat agar tetap menggunakan transportasi umum, seperti kereta.

Baca juga: Ekonomi RI Tumbuh Negatif, Menko Airlangga: Tak Sedalam Negara Lain

"Peningkatan volume penumpang ini didukung dengan adanya kegiatan safe travel campaign yang dilakukan oleh seluruh stakeholder PT Angkasa Pura II dan kami juga, yang secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan. Yang mana mampu membuat masyarakat memiliki kepercayaan dan kenyamanan dalam menggunakan moda transportasi kereta," ujarnya.

Pihaknya juga tengah mengembangkan sistem baru, yakni Tap and Go untuk tetap bisa menjaga physical distancing bagi setiap penumpang. Sistem ini demi menegakkan protokol kesehatan di kereta.

"Kita pun tengah mengembangkan sistem Tap and Go yang bertujuan untuk mempercepat flow penumpang dan mengurangi risiko penularan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, di bulan Agustus 2020, pihaknya memberikan harga spesial tiket Kereta Api Bandara mulai dari Rp10 ribu dan dapat dibeli di seluruh kanal penjualan tiket baik itu online maupun secara offline di masing-masing stasiun.

Untuk diketahui, dalam fase penerapan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19, Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta melayani 48 perjalanan dengan tujuan akhir Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan sebaliknya dalam satu hari. (ren)