Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

10 Negara yang Bantu Tanggung Gaji Pekerja Selama Pandemi Corona

Kamis, 6 Agustus 2020 | 17:31 WIB
Foto :
  • U-Report
ilustrasi gaji.

VIVA – Pemerintah berencana memberikan dana tambahan sebesar Rp600 ribu per bulan, kepada pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta. Rencana ini merupakan salah satu bentuk stimulus ekonomi, untuk menggenjot konsumsi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Sejauh ini, pemerintah masih melakukan finalisasi dasar hukum terkait insentif ini, termasuk berapa jumlah kerja yang akan mendapatkannya. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, diperkirakan ada 13 juta pekerja yang akan mendapatkan insentif ini selama empat bulan.

Baca Juga

Tak hanya di Indonesia, berbagai negara di dunia juga turut merasakan dampak kemerosotan ekonomi selama beberapa bulan terakhir. Hal ini membuat pemerintahan di dunia juga harus putar otak agar konsumsi masyarakat dan roda perekonomian terus berjalan di sisa tahun 2020.

Dikutip VIVA Bisnis dari Business Insider dan berbagai sumber, berikut ini beberapa negara yang juga memberikan insentif gaji tambahan bagi para pekerja di sektor-sektor swasta.

1. Belanda
Di negara kincir angin tersebut, perusahaan yang kehilangan pendapatan setidaknya 20 persen, dapat mengajukan permohonan pendanaan. Pemerintah kemudian akan menanggung gaji selama tiga bulan ke depan. 

Perusahaan hanya berhak mendapatkan pendanaan, jika mereka tidak memberhentikan pekerja selama pemerintah memberikan bantuan.

Baca juga: Filipina Dihantam Resesi Ekonomi Terparah Sejak 29 Tahun

2. Denmark
Pada pertengahan Maret, pemerintah Denmark mengumumkan akan memberi kepada perusahaan swasta 75 persen dari gaji pekerjanya selama 13 minggu. Perusahaan hanya dapat menerima uang itu jika mereka tidak memecat para pekerja.

Langkah ini dimaksud agar pekerja tetap di rumah selama pandemi. Pemerintah juga menanggung cuti sakit dan memberikan uang kepada para pebisnis untuk membayarkan biaya tetap seperti sewa.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler