Sri Mulyani Janji Bantu Pelajar yang Terkendala Pembelajaran Online

Para siswa belajar online di atas puncak bukit.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk terus menggelontorkan bantuan sosial, termasuk di sektor pendidikan.

Hal itu mencakup pemberian bantuan bagi para pelajar dari keluarga miskin, yang kesulitan mengakses pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online akibat ketiadaan akses gawai atau bahkan pulsa.

"Jadi pertanyaannya adalah bagaimana membantu masalah belajar digital di rumah, atau mereka yang tidak bisa bayar pulsa," kata Sri Mulyani dalam telekonferensi, Selasa 11 Agustus 2020.

Baca juga: Asyik, Sri Mulyani Bagi-bagi Rp2,4 Juta ke UMKM pada 17 Agustus 2020

"Inilah salah satu tantangan baru yang kita sedang bahas, soal bagaimana kita bisa membantu mereka. Karena COVID-19 memang memberikan kita tantangan yang luar biasa," ujarnya.

Sri Mulyani mengaku, pihaknya sudah mengetahui sejumlah fakta di lapangan, terkait banyaknya kalangan pelajar yang terkendala saat harus mengikuti proses pembelajaran daring atau online tersebut.

Masalah ketersediaan perangkat gawai berupa smartphone, bahkan hingga ketiadaan dana di keluarga miskin untuk sekadar membeli pulsa, sudah menjadi catatan tersendiri bagi pihaknya.

"Maka dari itu, kami sedang pecahkan bersama masalah ini dengan kementerian terkait, soal bagaimana kami bisa membantu hal tersebut," ujar Sri Mulyani.

Dia menambahkan, pemerintah khususnya Kementerian Keuangan akan terus berupaya mendesain program stimulus ekonomi, yang akan diberikan untuk para warga masyarakat yang terdampak COVID-19.

Sri Mulyani berharap, nantinya segala macam program terkait hal itu, akan bisa dirancang dan dilaksanakan oleh pemerintah dengan akuntabilitas yang tinggi dan tepat sasaran.

"Bahkan saat mendesain program, kami konsultasi agar nantinya tidak menjadi persoalan dari sisi akuntabilitas. Karena ini semua kan nantinya harus dipertanggungjawabkan," ujarnya. (art)