Realisasi Dana Pemulihan Ekonomi Nasional Jadi Sentimen Positif IHSG

Karyawan melewati monitor pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plaza Bank Mandiri, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menghijau di level 5.259 pada pembukaan perdagangan Kamis 13 Agustus 2020. Posisi itu menguat 25 poin atau 0,49 persen dibanding penutupan perdagangan Rabu 12 Agustus 2020 di level 5.233.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi, IHSG masih akan bergerak di zona hijau pada perdagangan hari ini, dengan ditopang sejumlah sektor seperti misalnya aneka industri dan keuangan.

"Saham-saham perbankan kompak menguat dengan signifikan, mengiringi sentimen realisasi dana PEN kepada UMKM yang mulai teridentifikasi," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis 13 Agustus 2020.

Baca juga: Genjot Kinerja Saat Pandemi, Summarecon Maksimalkan Pemasaran Digital

Secara global, Lanjar menjelaskan bahwa para investor akan menanti data tingkat inflasi Amerika Serikat, dan beberapa data ekonomi China yang akan menjadi indikator keadaan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

"Diperkirakan IHSG masih akan bergerak positif dengan support-resistance 5.180-5.290," ujarnya.

Lanjar memberikan rekomendasi mengenai saham-saham apa saja yang dapat dicermati, di antaranya yakni ASII, BRPT, PTPP, PWON, SMGR, TLKM, TOWR, BBRI, BBNI, BMRI, dan BBTN.

Sementara itu, secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji, menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, support dan resistance berada pada level 5.172,37 maupun 5.293,98.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, dan RSI menunjukkan sinyal positif.

"Terlihat pola three advancing soldiers candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation, sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya. (art)