Jokowi: Kita Bajak Momentum Krisis untuk Tata Ulang Sistem

Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat NTT di Sidang Tahunan MPR
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk mengambil momentum selama masa pandemi COVID-19. Tak terkecuali pemerintah, menurut Jokowi, sudah saatnya negara Indonesia melakukan transformasi besar-besaran di berbagai sektor yang selama ini masih menghambat kemajuan negara.

Baca Juga: Jokowi Minta Jangan Sia-siakan Pelajaran Krisis untuk Melompat Maju

Hal itu disampaikan dalam pidato kenegaraan Kepala Negara pada Sidang Tahunan MPR berbarengan sidang bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," kata Jokowi, Jumat 14 Agustus 2020.

Jokowi pun kembali menunjukkan data Bank Dunia belum lama ini yang menaikkan peringkat Indonesia sebagai negara berpendapatan menengah ke atas. Bagi Presiden, momentum sekarang bagaikan sistem komputer yang perlu memulai lagi dari segalanya dari awal.

"Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan restart, harus melakukan rebooting. Dan, semua negara mempunyai kesempatan men-setting ulang semua sistemnya," ungkap Jokowi. (art)