Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Bangkitkan Ekonomi Saat Pandemi, Kompetisi Wirausaha DSC ke-11 Digelar

Jumat, 14 Agustus 2020 | 18:30 WIB
Foto :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi produk UMKM.

VIVA – Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal 2020 hingga kini, telah banyak memengaruhi kehidupan masyarakat di dunia. Hal ini juga dirasakan di Indonesia di mana daya beli masyarakat menurun, kegiatan bisnis terpengaruh, hingga pemutusan hubungan kerja yang dirasakan banyak karyawan di sejumlah industri.

Ancaman resesi juga kini resmi dialami sejumlah negara, sebut saja Korea Selatan, Arab Saudi, Australia, Jepang hingga Amerika Serikat. Melihat hal ini diperlukan sebuah gebrakan untuk kembali membangkitkan perekonomian, terutama lewat sektor usaha kecil dan menengah atau UMKM di Tanah Air.

Di tengah masa pandemi ini, kompetisi wirausaha terbesar yakni Diplomat Success Challenge (DSC) sebagai kompetisi terdepan di Indonesia inisiasi Wismilak Foundation kembali hadir. Kompetisi ini merupakan wujud komitmen untuk menggerakkan ekosistem wirausaha Indonesia bangkit di tengah situasi yang sulit.

“Penyelenggaraan DSC XI 2020 di tengah pandemi ini tetap perlu dilakukan sebagai upaya kami berpartisipasi turut mendukung ketahanan dan keberlangsungan dunia usaha di Indonesia, yang jadi salah satu kunci dalam mengatasi krisis,” kata Ketua Dewan Komisioner DSC XI 2020, Surjanto Yasaputera, pada konferensi pers virtual, Jumat 14 Agustus 2020.

Baca juga: Kemenkeu Pede Insentif Subsidi Gaji dan UMKM Dongkrak Ekonomi 2020

Surjanto mengatakan, sektor yang paling penting untuk dibangkitkan saat ini salah satunya adalah UMKM yang juga bertujuan untuk menyerap tenaga kerja. Dalam hal ini, kompetisi DSC XI 2020 bisa menjadi wadah para pebisnis untuk mengembangkan ide bisnisnya, sehingga para wirausahawan bisa lebih bersemangat dan berprestasi.

Sementara itu, Program Initiator Diplomat Success Challenge, Edric Chandra, menyampaikan bahwa pandemi bisa dibilang telah menjadi ‘disrupsi’ yang signifikan dalam dunia bisnis.

“Kami berharap DSC dapat menumbuhkan generasi muda yang percaya diri dan tangguh untuk membuat gebrakan bisnis, dan kami siap mendukung lahirnya ide dan terobosan bisnis baru yang relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini,” kata Edric dalam kesempatan yang sama.

DSC tahun ini adalah yang ke-11 kalinya, sejak pertama digelar pada 2010. Setiap tahunnya, DSC memberikan hadiah hibah modal usaha sebesar Rp2 miliar bagi peserta yang terpilih. Sementara itu, untuk tema penyelenggaraan kompetisi kali ini adalah #BikinGebrakan, yang bertujuan mendorong generasi muda untuk berani berwirausaha dan membuat gebrakan bisnis.

Program ini tak hanya memberi peluang bagi bisnis yang sudah berjalan, namun juga bagi mereka yang saat ini masih baru memiliki ide atau konsep, baik itu di bidang barang maupun jasa.

Baca Juga

Kompetisi ini akan dibuka pada 19 Agustus 2020 dan ditutup pada 19 Oktober 2020, di mana peserta bisa mendaftar melalui situs resmi www.diplomatsukses.com dengan mengirimkan proposal ide bisnisnya. (art)

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler