Program Tol Laut, Kemenhub Terus Bangun Pelabuhan di Wilayah 3T

Ilustrasi pelabuhan
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA – Kementerian Perhubungan masih terus melakukan pembangunan sejumlah pelabuhan berstandar internasional di berbagai wilayah Indonesia. Hal itu juga demi memaksimalkan program tol laut.

Pelabuhan yang dibangun di antaranya Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat, Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Pelabuhan Terpadu di Provinsi Maluku, dan revitalisasi Pelabuhan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

"Oleh karena itu, kami bangun Pelabuhan Patimban yang besarnya lebih besar dari Pelabuhan Priok, kami harap tahun ini bisa launching," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Senin 24 Agustus 2020.

Baca juga: Kemenhub Jamin Distribusi Logistik Antar Pulau Saat Pandemi Covid-19

Budi Karya menjelaskan, transportasi laut dalam hal ini punya peran dalam percepatan distribusi logistik, termasuk bahan pangan. Dengan demikian, harga jual bahan pangan di luar Pulau Jawa menjadi lebih terjangkau.

"Bayangkan, saudara kita di NTT, Aceh, dan lainnya tidak mungkin mendapat beras dengan harga terjangkau, kalau tak lewat transportasi laut," ujar Budi Karya.

Presiden Joko Widodo juga katanya telah menyampaikan arahan untuk memberikan perhatian khusus terhadap transportasi laut di wilayah 3T atau terluar, terdepan, dan tertinggal. Upaya itu agar kemudian bisa meningkatkan ekonomi daerah setempat.

"Bayangkan kita mengangkut sudah jutaan sapi dari NTT ke Jawa Timur bahkan saat hari raya, kita angkut ke Dumai sehingga potensi ekonomi di NTT bertambah baik," kata menhub. (art)