Rincian Subsidi Gaji Rp600 Ribu yang Disalurkan Lewat 4 Bank BUMN

Menaker Ida Fauziyah.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Bantuan gaji bagi pekerja Rp600 ribu per bulan selama empat bulan ke depan mulai disalurkan pemerintah hari ini. Subsidi gaji itu disalurkan sekaligus dua bulan sekali sebesar Rp1,2 juta.

Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, mengungkapkan, tahap pertama penyaluran dibagi 2,5 juta pekerja per batch per pekan hingga akhir September mendatang. Batch pertama dipastikan akan disalurkan ke pekerja yang memiliki rekening di bank pelat merah anggota Himpunan Bank Negara (Himbara).

Baca juga: Curhat Penerima Subsidi Gaji Rp600 Ribu ke Jokowi Bikin Haru

"Dicairkan dua tahap masing-masing Rp1,2 juta," ujar Ida di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 27 Agustus 2020.

Ida merinci, ada empat bank umum pelat merah yang menyalurkan subsidi gaji tersebut untuk batch pertama. Dengan rincian, 700 ribu lebih dari PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (900 ribu), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (600 ribu), dan di PT Bank Tabungan Negara Tbk sebanyak lebih dari 200 ribu. 

"Penyalurannya selanjutnya akan dicairkan bertahap hingga memenuhi target 15,7 juta penerima program ini," tegasnya.

Ida berharap, subsidi gaji ini bisa mendongkrak konsumsi pekerja penerima. Upaya itu pada akhirnya agar perekonomian Indonesia bisa tumbuh positif.

"Daya beli masyarakat meningkat dan pertumbuhan ekonomi RI bisa berada di posisi normal," harapnya. (art)