UMKM Tembus Digital Bisa Jadi Keuatan Ekonomi Baru

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan sambutan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2018 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, mendorong wirausaha kecil dan menengah terus beradaptasi pada teknologi. Digitalisasi pada UMKM terutama pada sistem pembayaran akan memperluas pasar mereka, bahkan sampai ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Perry pada kegiatan High Impact Seminar dan Kick Off Program BI Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia secara virtual, Minggu 30 Agustus 2020. 

"Sambungkan akses keuangan tingkatkan platform digital sehingga menembus era digital sebagai sumber kekuatan ekonomi baru. Kita pun sinergi dengan Kementerian Luar Negeri bagaimana peran kedutaan besar seluruh dunia terus menggebrak, membuka pasar-pasar UMKM di seluruh dunia," kata Perry.

Baca juga: Sandiaga Ungkap Cara Jitu Tangani Masalah Ekonomi Terdampak Corona

Perry mengatakan, Bank Indonesia mendukung digitalisasi sistem pembayaran UMKM melalui QR Code Indonesia Standard (QRIS). Pihaknya juga bersinergi dengan kementerian dan sejumlah lembaga untuk mendorong UMKM lebih besar.

“Digitalisasi dalam UMKM ini juga menjadi warna khusus baik dari Kementerian dan lembaga maupun juga dari Bank Indonesia. Kami terus mendukung dan mendorong digitalisasi UMKM ini melalui digitalisasi sistem pembayaran,” kata dia.

Lulusan Universitas Gadjah Mada ini bilang, sektor usaha kecil dan menengah punya sumbangsih yang besar bagi perekonomian negara. Karenanya, webinar ini pun tidak hanya berhenti pada satu hari ini saja. Tiga hari ke depan, Bank Indonesia melakukan pameran produk UMKM dari berbagai daerah.