Kemenhub Resmikan Reaktivasi Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat

Ilustrasi Kereta api melintas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian reaktivasi Jalur Kereta Api Ciranjang-Cipatat di Stasiun Cipeyeum, Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, mengatakan reaktivasi jalur KA Ciranjang-Cipatat ini merupakan kelanjutan dari proyek reaktivasi jalur KA Cianjur-Ciranjang, yang telah selesai dan beroperasi pada tahun 2019.

"Lintas Ciranjang-Cipatat ini adalah segmen kedua dari rencana tiga segmen program reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang," kata Zulfikri dalam telekonferensi, Senin 21 September 2020.

Baca juga: Suara Dentuman Terdengar Lagi Senin Pagi, Warganet: Perbanyak Ibadah

Zulfikri pun menjabarkan tiga segmen program reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang tersebut. Rinciannya, Segmen pertama Cianjur-Ciranjang sepanjang 15 Km.

Segmen kedua yakni rute Ciranjang-Cipatat sepanjang 15 Km, dan segmen ketiga yakni rute Cipatat-Padalarang sepanjang 13,8 Km.

"Untuk segmen ketiga ini dengan melihat kondisi geografis yang sangat sulit, gradien yang sangat tinggi, maka saat ini masih dalam studi trasenya," kata Zulfikri.

"Diharapkan tahun 2022 segmen ketiga akan dimulai pembangunannya," ujarnya.

Diketahui, anggaran yang diperlukan dalam program reaktivasi Jalur KA Ciranjang-Cipatat ini berasal dari APBN tahun 2019, yakni sebesar Rp118,8 miliar.

Dana tersebut digunakan untuk beberapa proses pekerjaan reaktivasi jalur KA tersebut, antara lain untuk peningkatan jalur dengan penggantian rel KA R.33 menjadi rel R.54, dan juga untuk normalisasi badan jalan. (ren)