Rancang Klasterisasi BUMN, Erick Thohir Pastikan Ajak DPR Diskusi

Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang merancang klaster-klaster perusahaan BUMN. Tujuannya yakni guna mengoptimalkan value chain atau rantai nilai dan supply chain atau rantai pasok antarperusahaan pelat merah itu.

Menteri BUMN, Erick Thohir, memastikan akan mengajak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk diskusi. Dia berencana membentuk focus group discussion atau FGD bersama Komisi VI DPR RI guna membahas rencana tersebut secara lebih mendalam.

"Kita akan melakukan klasterisasi, di mana kita menawarkan sebelumnya untuk melakukan FGD (bersama Komisi VI DPR RI). Supaya setiap klaster itu bisa dikuliti dan dimengerti bersama, kenapa klasterisasi itu sampai harus terjadi," kata Erick dalam raker bersama Komisi VI DPR RI, Selasa 22 September 2020.

Baca juga: Sudah Saatnya Erick Thohir Bubarkan Ratusan BUMN ‘Hantu’ 

Erick berharap, Kementerian BUMN dan Komisi VI sama-sama bisa merumuskan formula serta skema klasterisasi BUMN ini. Upaya itu agar bisa menciptakan keunggulan di masing-masing BUMN .

Karena, lanjut Erick, tujuan utama dari klasterisasi BUMN ini adalah untuk membentuk pola dan skema dari value chain dan supply chain antar-BUMN sejenis, di tiap-tiap klaster tersebut.

"Tentu hal ini sangat positif juga, di mana kalau bisa nanti para anggota dewan akan mengerti lebih dalam dan tentunya ikut mengawasi daripada klasterisasi ini," ujar Erick.

Erick ingin rantai nilai dan rantai pasok BUMN bisa berjalan dengan baik ketika klasterisasi BUMN itu rampung. "Supaya bisa berjalan dengan baik," tuturnya. (art)