Sri Mulyani Update soal Ekonomi, Rizal Ramli: Dia Sudah Jadi Politisi

Rizal Ramli
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ridho Permana

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terus meng-update kondisi ekonomi RI saat pandemi dan strategi apa yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi persoalan yang terjadi. Mulai dari resesi ekonomi yang mengancam RI hingga rencana pembentukan Dewan Moneter.

Ekonom senior Rizal Ramli mengaku menyoroti berbagai pernyataan Sri Mulyani tersebut. Dia pun mengaku sudah tidak percaya lagi dengan apa yang disampaikan mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

"Saya tidak percaya dengan angka-angka Sri Mulyani. Angka dan analisanya banyak slip, spins dan bohongnya," ujar Rizal dikutip dari akun Twitter pribadinya @RamliRizal, Kamis 24 September 2020.

Baca jugaBos Vaksin Geser Posisi Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Dia berpendapat, Sri Mulyani kini sudah tidak menjalankan perannya sebagai wakil pemerintahan yang berasal dari akademisi atau ekonomi. Pernyataan-pernyataan Sri sudah sarat dengan unsur politis.

"Sejak 1,5 tahun yang lalu, dia (Sri Mulyani) sudah jadi politisi," kata dia.

Menurutnya, seorang akademisi dan ekonom, tidak boleh menyampaikan analisisnya tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Kesalahan analisis harus diakui dan dikoreksi sesuai dengan fakta, bukan menutup-nutupi keadaan.

"Akademisi tidak boleh bohong. Salah boleh asal ngaku dan koreksi. Politisi biasa bohong, ketahuan lalu bohong lagi," tuturnya.