Dermaga Baru Merak-Bakauheni Diresmikan, Penyeberangan Tambah 20 Trip

Pelabuhan Penyeberangan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – PT PP Tbk menyelesaikan pembangunan proyek Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni. Proyek pembangunan dermaga tersebut diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi hari ini di Dermaga Merak Banten. 

Prosesi peresmian berupa pengguntingan pita bunga secara simbolis. Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh M Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2 dan Pande Ketut selaku SVP Divisi Infrastruktur 2 Perseroan.

Selain itu, hadir pula Direktur Utama PT ASDP (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar  dan Wali kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi.

Baca juga: Ajak Optimistis, Airlangga: Judicial Review UU Cipta Kerja Terbuka

“Perseroan sangat bangga dipercaya oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk membangun kembali Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak dan Bakauheni," ujar Toha dalam keterangannya, Senin 12 Oktober 2020. 

Dia mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh Perseroan sesuai dengan yang ditargetkan. Diharapkan, dermaga baru ini bisa meningkatkan layanan penyeberangan bagi masyarakat. 

"Dengan beroperasinya pelabuhan dermaga IV Merak-Bakauheni diharapkan dapat mengakomodir arus Natal dan Tahun Baru,” tambahnya.

Sementara itu, Budi Setiyadi mengatakan, dengan pengoperasian dermaga tersebut dapat membantu tugasnya untuk menata layanan penyeberangan saat ini. Hal itu sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Menurutnya, dengan pengoperasian dermaga ini maka akan terjadi penambahan 20 trip dari 140 menjadi 160 trip dalam satu hari. Di mana 1.500 kendaraan bisa terangkut per harinya.

"Saya berharap ini akan menjadi kebanggaan semua, karena selama 18 tahun dikelola oleh swasta, Dermaga IV ini tidak ada kemajuan,” tegas Budi.

Sebagai informasi, proyek pembangunan Dermaga IV Pelabuhan Penyebrangan Merak – Bakauheni dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry dengan masa pelaksanaan proyek selama 365.

Dermaga IV Merak memiliki kapasitas 6.000-10.000 GRT dengan tipe dermaga Breasting Dolphin dan Panjang dermaga 120 meter. Sedangkan, Demaga IV Bakauheni memiliki kapasitas 6.000- 10.000 GRT dengan tipe dermaga Quay Wall dan Panjang dermaga 150 meter.

Adapun ruang lingkup pekerjaan Dermaga IV Merak, antara lain, pengerjaan struktur darat. Pengerjaan Struktur laut dan pembongkaran dermaga existing. Sedangkan untuk lingkup pekerjaan dermaga IV Bakauheni, antara lain, pembongkaran dermaga existing, pengerjaan struktur dermaga, dan pengerjaan struktur movable bridge dan sideramp, pekerjaan timbunan dan rigid pavement, serta pengerukan area kolam dermaga. (ren)