Dipercaya Global, Bio Farma Optimis Sukses Produksi Vaksin COVID-19

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bio Farma dipercaya Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) sebagai perusahaan farmasi yang kompeten di dunia dalam pengembangan vaksin COVID-19. Pengembangan pun terus dilakukan.

“Vaksin produksi Bio Farma telah digunakan di 150 negara dan (sebagai produsen) telah dipercaya berbagai organisasi dunia dalam pengembangan vaksin. Salah satunya adalah CEPI,” kata Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dikutip Rabu, 21 Oktober 2020.

Dia mengatakan, Bio Farma akan memproduksi vaksin COVID-19 untuk CEPI dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis per tahunnya. Produksi itu ditargetkan akan dimulai pada akhir Kuartal IV tahun 2021 atau Kuartal I tahun 2022.

Baca juga: Merger 3 Bank Syariah BUMN, Asetnya Capai Rp210 Triliun

Selain itu, Honesti Basyir menjelaskan, Bio Farma juga dipercaya dalam pengembangan teknologi vaksin untuk kemandirian di negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Kualitas dan reputasi salah satu BUMN di Indonesia ini tentu membanggakan. 

“Kami sangat bangga bisa disejajarkan dengan produsen vaksin lain di dunia,” kata Honesti. 

Tugas penting selanjutnya di masa depan, kerja sama Bio Farma dengan CEPI tidak hanya sebatas vaksin COVID-19 saja, melainkan pengembangan vaksin pandemi lainnya melalui berbagai teknologi terkini.