Daftar Harta Warisan Bos Samsung yang Ditinggalkan

Ini Daftar Warisan Bos Samsung Beserta Pajak yang Ditinggalkan. (FOTO: Steve Marcus/Reuters)
Sumber :
  • wartaekonomi

Orang terkaya Korea Selatan dan Ketua Samsung Electronics Co, Lee Kun-hee telah meninggal dunia pada hari Minggu (25/10/2020). Kepergiannya pun meninggalkan aset besar yang berpotensi diwarisi oleh keluarganya yang masih hidup. Tak hanya warisan kekayaan, tetapi juga pajak dari warisan tersebut.

Dilansir dari Reuters di Jakarta, Senin (26/10/2020) berikut daftar kekayaan bersihnya, yang menurut Forbes mencapai USD20,9 miliar (Rp306 triliun) beserta pajak warisannya!

Bos Samsung Wafat, Saham Rentetan Bisnisnya Malah Melonjak hingga 21%!

1. Saham

Lee adalah pemilik saham terkaya di Korea Selatan. Ia memiliki saham di empat perusahaan Samsung yang terdaftar senilai sekitar 18,2 triliun won (Rp236 triliun) pada harga penutupan hari Jumat.

Lee merupakan pemilik saham terbesar di Korsel dengan kepemilikan 4,18% saham biasa Samsung Electronics dan 0,08% saham preferen, senilai total sekitar 15 triliun won atau Rp194,6 triliun. (kurs 12,98)

Selain itu, Lee juga memegang 20,76% saham Samsung Life senilai 2,6 triliun won, dan 2,88% saham Samsung C&T senilai 564 miliar won. Terakhir, ia memiliki 0,01% saham Samsung SDS senilai sekitar 1,67 miliar won, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data Fair Trade Commission.

2. Real Estat

Lee tercatat memiliki dua rumah yang terkenal di pusat kota Seoul sebagai rumah individu termahal di negara itu, dengan luas tanah masing-masing 1.245.1 dan 3.422,9 meter persegi. Harganya sekitar 40,9 miliar won dan 34,2 miliar won.

3. Pajak Warisan HEFTY

Menurut aturan perpajakan Korea Selatan, sebelum menerapkan tarif pajak warisan 50% negara pada saham yang terdaftar, premi 20% ditambahkan ke nilai kepemilikan orang yang meninggal pada rata-rata empat bulan saham dari harga penutupan pasar sebelum dan sesudah kematian.

Berdasarkan perkiraan saat ini, pajak warisan untuk saham-saham saja diperkirakan sekitar 10,6 triliun won (Rp137,5 triliun), menurut perhitungan Reuters.

4. Kekayaan Anak-anak

Pewaris Samsung Group, Lee Jae-young memiliki saham senilai total sekitar 7,2 triliun won di enam afiliasi terdaftar Samsung Group pada penutupan hari Jumat.

Sementara adiknya, Lee Boo-jin memiliki 0,7% saham di Samsung Electronics dan 17,3% saham di Samsung C&T. Dia juga memiliki 9,2% saham di Samsung SDS, 1,5% di Samsung Engineering, dan masing-masing kurang dari 0,1% di Samsung Life Insurance dan Samsung Fire & Marine Insurance.

Putri Lee Boo-jin, CEO Hotel Shilla, dan Lee Seo-hyun,yang menjalankan Samsung Foundation, masing-masing memiliki saham di Samsung C&T dan Samsung SDS senilai sekitar 1,6 triliun won.