Selain Liburan, Terbang Sepuasnya AirAsia Bisa Bikin Irit Trip Bisnis

Pesawat AirAsia
Sumber :

VIVA – Maskapai penerbangan airasia">AirAsia pada awal pekan ini Senin, 9 November 2020, meluncurkan AirAsia Unlimited Pass. Program tersebut memungkinkan bagi para member maskapai itu, BIG, terbang dengan rute domestik berkali-kali hanya dengan satu kali bayar seharga Rp1,5 juta.

Unlimited Pass ini tersedia dapat dibeli oleh member BIG pada periode pembelian 9-15 November 2020. Promo terbang sepuasnya itu berlaku periode penerbangan domestik mulai 23 November 2020 hingga 31 Mei 2021.

Selain irit untuk memuaskan rencana liburan keliling Indonesia, Unlimited Pass ini juga bisa bikin perjalanan bisnis menjadi lebih irit. Sebab, bisa mondar-mandir keliling Indonesia bertemu dengan mitra bisnis atau klien, dengan lebih biaya yang jauh lebih murah. Ketimbang, membeli tiket penerbangan secara reguler setiap kali akan berpergian.

Baca juga: Kejar Produksi 1 Juta BOPD, 600 Sumur Migas Ditargetkan Dibor 2021

Salah satunya yang dirasakan etrepreneur muda, UMKM produsen furnitur alat kesehatan Abdillah Hafied, yang berkantor di Jakarta. Program ini membuatnya lebih efisien salah satunya dalam memasarkan produk yang diproduksinya dengan langsung bertemu calon konsumennya di seluruh Indonesia.

Apalagi, di tengah pandemi Virus Corona saat ini peningkatan permintaan produk pendukung alat kesehatan meningkat di seluruh Indonesia. Program ini memungkinkannya memangkas biaya perjalanan bisnisnya yang selama ini membebaninya setiap bulan.

"Menghadapi persaingan pengadaan alat kesehatan khususnya hospital furniture yang sedang berkembang saat ini, Unlimited Pass membantu memangkas biaya bisnis trip yang selama ini masuk dalam biaya provit and lost (PNL) sebesar 60 persen tiap bulannya," ujar Hafied ketika berbincang dengan VIVA, Jumat 13 November 2020.

Hafied mengatakan, promo ini pun bisa membuatnya bernapas lega untuk melakukan perjalanan bisnis beberapa bulan ke depan. Sebab, tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk beli tiket pesawat. Apalagi, setiap penerbangan yang telah dijadwalkannya sudah termasuk biaya bagasi 15 kilogram.

Biaya yang dikeluarkan hanya iuran Wajib Jasa Raharja (IWJR), produk tambahan seperti tambah bagasi, pilih kursi dan makanan pra-pesan. Ada pula biaya pajak bandara yang hingga 31 Desember mendatang masih gratis di 13 bandara.

"Mengingat dalam 4-5 bulan ke depan jadwal bertemu klien di berbagai kota di Indonesia sudah menunggu, program yang ditawarkan Air Asia sangat membantu karena penerbangan multi trip yang bisa di schedule-kan dengan hanya sekali bayar," tambahnya.

Selain itu, dengan penerbangan yang sudah terjadwal dan tidak perlu lagi mengeluarkan lagi biaya untuk tiket, dia pun bersyukur karena terhidar dari risiko fluktuasi harga ketika membeli tiket pesawat secara reguler. Paling tidak sampai Unlimeted Pass AirAsia berakhir 31 Mei 2021.

"Jadi untuk 6 bulan ke depan dengan mengikuti program ini tak lagi khawatir akan adanya lonjakan harga tiket saat melakukan perjalanan bisnis. Sangat menguntungkan dan efisien," ungkapnya.

Sensasi atur jadwal terbang

AirAsia menetapkan penerbangan dengan menggunakan Unlimited Pass berlaku untuk jadwal 14 hari sebelum keberangkatan. Artinya para member BIG yang sudah mengantongi pass ini, harus benar-benar mengatur jadwalnya dengan tepat dan cepat.

Untuk mengetahui cara penggunannya, VIVA menelusuri program Unlimeted Pass melalui aplikasi dan webside resmi AirAsia (airasia.com). Karena program ini untuk member BIG, pastikan Anda telah terdaftar atau terlebih dahulu mendaftarkan diri di webside AirAsia.

Pendatarannya pun mudah, Anda harus cukup menekan tombol di kanan atas di halaman beranda webside AirAsia dan mengisi nama lengkap sesuai dengan KTP dan informasi diri lainnya. Termasuk metode pembayaran yang akan digunakan.

Setelah akun BIG terverifikasi, selanjutnya Anda bisa langsung memilih program Unlimeted Pass yang tersedia. Kemudian, muncul penjelasan syarat dan ketentuan program itu. 

Pastikan penjelasan itu dipahami dengan jelas, baru kemudian masuk ke proses pembayaran yang bisa dilakukan menggunakan metode pembayaran yang telah dimasukkan dalam akun BIG. Pembayaran bisa dilakukan antara lain menggunakan kartu kredit dan debit.

Ketika proses itu sudah dilalui, notifikasi akan muncul di akun BIG yang meyatakan bahwa Anda sudah berhasil membeli program tersebut. Keseruan berburu tiket murah dan mengatur jadwal penerbangan pun dimulai.

Photo :
  • Webside AirAsia.

Dalam halaman Unlimited Pass di akun BIG AirAsia, akan ada satu kolom kode promo yang memungkinkan Anda mendapatkan tiket secara gratis itu. Penggunaannya mudah, tinggal klik bagian redeem atau gunakan sekarang, Anda akan langsung masuk ke halaman penerbangan di webside atau aplikasi maskapai itu.

Kemudian pilihlah jadwal penerbangan dan tujuan yang diinginkan seperti proses pembelian secara reguler. Namun, karena akun BIG Anda telah mengantongi Unlimeted Pass, pada pilihan jam penerbangan yang telah ditetapkan terdapat kode khusus di bawah harga yang tertera pada salah kolom waktu penerbangan pada  hari dan tujuan yang dipilih.

Kode tersebut adalah 100 persen off. Artinya, pada penerbangan pemegang Unlimited Pass tidak perlu membayar seharga tiket yang dijual secara reguler. Biaya yang harus dibayarkan di luar harga tiket penerbangan itu.

Setelah penerbangan dengan 100 persen off dipilih, pembayaran bisa dilakukan dengan metode yang telah ditetapkan. Tiket itu pun sudah dikantogi untuk nantinya bisa ditukarkan di bandara sesuai jadwal.

Untuk memastikan kode 100 persen off muncul kembali saat mencari penerbangan berikutnya, Anda tinggal balik ke halaman Unlimeted Pas dan memperbarui kode promo dan menekan kembali kolom gunakan sekarang. Proses yang sama dilakukan hingga Anda puas mengatur jadwal yang telah direncanakan.

Photo :
  • Webside AirAsia.

Penerbangan 'gratis' dalam Unlimited Pass ini bisa digunakan untuk terbang pulang pergi di hari yang sama atau berbeda. Bisa juga digunakan untuk 2 kali penerbangan di hari yang sama, dengan syarat berbeda bandara dan kode itu tersedia di penerbangan yang dipilih.

Apabila pembelian tiket sudah berhasil dilakukan ditegaskan tidak dapat dibatalkan, dimintai pengembalian dana (refund), atau tidak bisa dialihkan ke orang lain. 

Calon penumpang tidak hadir dalam 2 kali penerbangan yang telah ditetapkan, secara otomatis Unlimited Pass ini akan hangus. Ketentuan itu ditetapkan AirAsia untuk memastikan tidak ada yang menyalahgunakan program ini.

Jika perencanaan tanggal liburan dan atau perjalanan bisnis telah ditetapkan secara pasti,  tidak menutup kemungkinan Anda bisa terbang puluhan kali dalam periode program Unlimeted Pass yang telah dibeli hanya seharaga Rp1,5 juta. 

Hal itu jadi penting diperhatikan, karena tiket 100 persen off hanya bisa diperoleh minimal 14 hari sebelum tanggal penerbangan.

Unlimeted Pass berlaku untuk seluruh penerbangan domestik AirAsia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali, Lombok. Bahkan, untuk 5 rute baru yang akan mulai beroperasi pada Desember mendatang.

Perlu diketahui, 100 persen off tidak pada periode embargo atau tanggal blackout. Seperti masa liburan sekolah, libur nasional, serta periode perjalanan padat liburan.