Jokowi Ungkap Sinyal Ekonomi Indonesia Mulai Bangkit

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo bersyukur bahwa di awal tahun ini laju investasi semakin membaik. Hal itu merupakan sinyal ekonomi Indonesia sudah mulai bangkit di tengah pandemi COVID-19.

Jokowi optimistis perekonomian di Tanah Air akan pulih di era new normal. Lapangan pekerjaan pun akan kembali terbuka lebar bagi masyarakat.

"Kehidupan perekonomian sudah mulai sedikit bangkit dan akan terus bangkit lebih baik, ditandai dengan semakin banyaknya investasi di awal tahun 2021 ini," kata Jokowi saat menyampaikan kata sambutan di acara Dies Natalis ke-58 Universitas Brawijaya, Selasa, 5 Desember 2021.

Baca juga: Kedelai Impor Mahal, Mentan Syahrul Genjot Produksi Lokal

Hanya saja, kata Jokowi, semua peluang itu butuh kesiapan di berbagai bidang. Pemerintah terus mengembangkan dan mencari talenta unggul yang juga punya karakter kebangsaan kuat.

"Yang selalu inovatif, yang kompetitif, dan mampu memenangkan hiperkompetisi dunia yang penuh dengan disrupsi dan ketidakpastian," kata dia.

Jokowi pun selalu menanti inovasi dan riset dari perguruan tinggi demi kesejahteraan masyarakat. Di Universitas Brawijaya sendiri, Jokowi memuji kampus yang berada di Malang, Jawa Timur, itu telah banyak menorehkan prestasi.

"Saya memperoleh laporan bahwa selama pandemi COVID-19 ini total paten yang diajukan oleh para inventor Unbraw sebanyak 132 paten. Tertinggi di Indonesia dalam kategori universitas," kata Jokowi.

Inovasi tersebut, ditegaskan Jokowi, harus dilanjutkan hingga proses akhirnya. Sehingga dapat menciptakan nilai ekonomi yang tinggi dan akhirnya dapat mendongkrak perekonomian nasional.

"Dan harus dilanjutkan dengan jalinan kerja sama untuk memperkuat hilirisasi hasil-hasil riset dan inovasi itu, melalui kolaborasi antara universitas dengan dunia industri. Inovasi adalah kata kunci," tuturnya. (ase)