Menteri ESDM Lantik Anggota Dewan Energi Nasional Periode 2020-2025

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, melantik dan mengambil sumpah jabatan delapan orang anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari kalangan pemangku kepentingan, untuk periode 2020-2025.

Arifin yang juga merupakan ketua harian DEN itu pun mengucapkan selamat kepada delapan orang yang baru dilantik tersebut, dan berharap agar mereka dapat melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

"Dan mampu menjalankan tugas sebagaimana yang diamanatkan Undang Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, yaitu merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional (KEN), menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), menetapkan langkah-langkah krisis dan darurat energi, serta melakukan pengawasan kebijakan energi yang bersifat lintas sektoral," kata Arifin dalam telekonferensi, Jumat 8 Januari 2021.

Arifin berharap, dalam lima tahun ke depan, masa jabatan anggota DEN periode ini, mereka dapat membantu mengakselerasikan kebijakan program pemerintah di bidang energi sesuai bidang dan pengalaman masing-masing.

"Sehingga semua pihak dapat mewujudkan dan melaksanakan program strategis, serta dapat segera terimplementasikan dengan baik," kata Arifin.

Karena, ke depannya, pemerintah tengah menyiapkan berbagai strategi dalam menghadapi tantangan, terutama karena adanya peningkatan permintaan energi, namun dengan kapasitas pasokan energi yang terbatas.

Maka, Arifin pun berpesan agar program-program tersebut dapat juga digunakan untuk melakukan review dan evaluasi Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

"Karena terdapat sejumlah perubahan indikator baik dari sisi energi maupun ekonomi, terutama setelah adanya pandemi COVID-19," ujarnya.

Kedelapan anggota DEN yang dilantik pagi ini adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Ir. Agus Puji Prasetyono, M.Eng., IPU. (Kalangan Akademisi)
  2. Dr. Ir. Musri, M.T. (Kalangan Akademisi)
  3. Ir. Satya Widya Yudha, M.Sc. (Kalangan Industri)
  4. Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. (Kalangan Industri)
  5. Ir. Daryatmo Mardiyanto (Kalangan Konsumen)
  6. Dr. Ir. Eri Purnomohadi, M.M. (Kalangan Konsumen)
  7. Dr. Ir. As Natio Lasman (Kalangan Teknologi)
  8. Dr. (HC) Yusra Khan, S.H. (Kalangan Lingkungan Hidup)

Diketahui, anggota DEN dari pemangku kepentingan periode 2020-2025 tersebut telah diangkat oleh Presiden Republik Indonesia, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.135/P Tahun 2020 tanggal 30 Desember 2020.