Sri Mulyani Titip Pesan Khusus ke Prabowo, Apa Itu?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • instagram @smindrawati

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menitipkan pesan khusus kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan jajarannya. Sri meminta Kementerian Pertahanan mendukung upaya pemulihan ekonomi dengan menjaga stabilitas pertahanan. 

Pertahanan dan keamanan dalam mendukung pemulihan perekonomian menurut dia sangatlah penting. Oleh karena itu hal ini bukan masalah pilihan tapi dua-duanya adalah prioritas.

Baca juga: Luhut Ungkap China Diajak Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Sri berharap sistem pertahanan keamanan dan fungsi pertahanan keamanan bisa betul-betul menjadi sesuatu yang penting bagi pemulihan dan stabilitas ekonomi Indonesia. 

Hal itu disampaikan Sri saat menghadiri dan memberikan paparan dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) secara virtual yang digelar pada Rabu, 13 Januari 2021.

“Dari alokasi anggaran belanja 2021, Kemenhan diharapkan akan mampu untuk terus melakukan modernisasi dan perawatan alutsista serta pemenuhan kebutuhan alutsista serta menjaga stabilitas pertahanan untuk mendukung pemulihan ekonomi kita,” katanya dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 14 Januari 2021.

Baca juga: Sherina dan Ernest Kritik Raffi Ahmad Keluyuran Usai Divaksin

Sri menilai, tantangan pertahanan nasional semakin dinamis. Apalagi, tantangan tersebut ada yang sifatnya internal seperti terorisme, narkoba, separatisme dan konflik komunal.

Di sisi lain, ada juga yang dari eksternal seperti konflik perbatasan, spionase, cyber war, proxy war atau isu senjata pemusnah massal dan juga transnational crime yang memang menjadi ancaman semua negara.  

“Dan sekarang muncul non traditional security threat seperti perubahan iklim, bencana alam, pandemi atau epidemi dan krisis pangan. Ini yang menjadi tantangan kita yang harus kita waspadai dan kita pelajari untuk bisa kita kelola penanganannya,” jelasnya.

Sri menyatakan, Kementerian Keuangan akan terus mendukung Kemenhan untuk memenuhi kebutuhan sebagai suatu institusi yang penting di Indonesia dalam menjaga pertahanan dan keamanan.

Baca juga: Gempa Darat Baru Saja Guncang Purbalingga dan Yogyakarta