Bakrie Amanah Kuatkan Ekonomi Warga Kampung Apung Budidaya Lele

Bakrie Amanah budidaya lele di kampung Apung Kapuk, Jakarta Barat.
Sumber :
  • Dok. Bakrie Amanah

VIVA – Bakrie Amanah sebagai Lembaga Zakat Kelompok Bakrie meresmikan program ketahanan pangan, yaitu budidaya lele pada selasa 19 Januari 2021 di Kampung Apung Kapuk, Jakarta Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kemitraan Untuk Negeri yang bertujuan dalam memfasilitasi masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi.

Kegiatan peresmian dibuka langsung oleh Teguh Anantawikrama sebagai Wakil Ketua Bakrie Amanah dan diakhiri dengan tebar bibit ikan lele di 15 kolam yang akan dikelola oleh warga Kampung Apung Kapuk.

Dalam sambutannya, Teguh, demikian biasa dipanggil, menyatakan bahwa upaya yang dilakukan Bakrie Amanah ini adalah sebagai upaya membangun kebersamaan warga di masa pandemik.

"Alhamdulillah, ini momen yang tepat di masa pandemik COVID-19 dalam membangun kebersamaan warga dalam upaya membuka sumber-sumber ekonomi warga," kata Teguh, dalam keterangannya, Selasa 19 Januari 2021.

Selanjutnya, Teguh menyampaikan bahwa 15 kolam ini merupakan rintisan dan melalui pendampingan teknis budi daya dan kebersamaan warga dalam mengelolanya, diharapkan dapat berkembang menjadi lebih banyak lagi. 

Pada kesempatan ini pula, Ruslan sebagai salah satu penerima manfaat, menyampaikan bahwa pilihan budi daya lele ini hasil pemufakatan di antara warga.

"Budi daya lele dipilih atas dasar kesepakatan warga yang beberapa tahun lalu sudah pernah dilakukan warga dan sempat berkembang pesat, namun karena alasan kepemilikan lahan, usaha ini tidak berjalan lagi," jelas Ruslan. 

"Alhamdulillah, dengan memanfaatkan lahan milik warga, mudah-mudahan program ini dapat dikelola lebih baik lagi dan memberikan tambahan pendapatan bagi warga kami, khususnya di masa pandemik ini," tambah Ruslan.