Pemerintah Dorong KIM Promosi Digital Produk UMKM dan Pariwisata

Ilustrasi kegiatan UMKM di Jateng.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Kementerian Telekomunikasi dan Informatika menegaskan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan salah satu mitra strategis Pemerintah saat ini. Tidak hanya dalam penyebarluasan informasi publik, KIM diharapkan dapat bantu menggenjot promosi industri pariwisata dan UMKM.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Plt Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan mengungkapkan, KIM didorong untuk meninggalkan cara-cara konvensional dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Platform digital harus bisa lebih dimanfaatkan untuk menjalankan perannya.

"Berapa banyak KIM yang telah memanfaatkan teknologi informasi dengan baik? Sebagai contoh, apakah rekan-rekan KIM sudah mulai mempromosikan potensi pariwisata dan menjual produk-produk UMKM melalui media digital?," ujar Bambang ketika memberikan arahan kepada KIM di Lombok, dikutip, Sabtu, 19 Juni 2021.

Baca juga: Konsumen Jadi Lebih Royal, UMKM Lebih Untung Sediakan Pembayaran QRIS

Bambang menjabarkan, saat ini ada sekitar 2.300 KIM yang telah terbentuk di seluruh Indonesia. Namun, ke depannya dinilai masih perlu dipetakan lebih lanjut terkait leveling dalam hal pemanfaatan teknologi informasi di dalam menjalankan aktivitas komunikasi publik yang mereka lakukan.

Sehingga, KIM diharapakan dalam menjalankan perannya dapat maksimal khususnya terkait promosi wisata dan UMKM tersebut. Agar pada akhirnya dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Apalagi di tengah pandemi, menurut data survei terkini terdapat kenaikan aktivitas berbasis internet hingga 25 persen. Ini sebetulnya dapat menjadi peluang bagi rekan-rekan KIM untuk bertransformasi menjadi KIM Digital," ungkapnya.