Fakta Menarik Soal Akidi Tio, Pengusaha yang Sumbang Rp2 T di Sumsel

Keluarga Pengusaha Akidi Tio memberikan sumbangan Rp2 triliun.
Sumber :
  • Istimewa via Sadam Maulana.

VIVA – Almarhum Akidi Tio menjadi perbincangan hangat setelah keluarga almarhum memberikan dana hibah sebesar Rp2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 di provinsi Sumatera Selatan.

Sumbangan tersebut merupakan amanah dari Almarhum Akidi Tio yang diserahkan oleh Prof dr Hardi Darmawan, dokter keluarga almarhum Akidi di Polda Sumatera Selatan, Senin, 26 Juli 2021 kemarin.

Bagaimana profil Akidi Tio yang menyumbangkan dana hibah yang fantastis ini? Berikut fakta-faktanya.

Almarhum Akidi Tio merupakan seorang pengusaha di bidang pembangunan dan kontraktor asal Langsa, aceh Timur. Dia memiliki tujuh anak, enam di antaranya tinggal dijakarta dan satu orang di palembang. Semasa hidupnya, dia diketahui pernah menetap di Palembang

Pesan Akidi Tio untuk anak-anaknya

Ketujuh anaknya juga merupakan pengusaha, almarhum Akidi Tio berpesan kepada anak-anaknya jika sukses dalam bidang usaha apapun agar selalu membantu orang miskin.

Orang yang dermawan

Keluarga Akidi Tio merupakan seorang yang dermawan. Keluarganya sering membantu masyarakat, termasuk beberapa panti jompo di Palembang dan warga yang terdampak pandemi. Timbulnya rasa kepedulian tersebut lantaran almarhum Akidi Tio sebelumnya juga pernah menetap di Palembang.

Memberikan dana hibah yang fantastis

Keluarga pengusaha tersebut memberi bantuan dana untuk penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah yang fantastis yaitu senilai Rp2 triliun.

Keluarga almarhum Akidi Tio memberikan bantuan ini secara resmi melalui dokter keluarga mereka di Palembang, Prof dr Hardi Darmawan. Sumbangan yang diberikan tersebut merupakan Amanah dari almarhum Akidi Tio.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri, mengaku terkejut saat dirinya mendapatkan amanah untuk menyampaikan bantuan Rp2 triliun kepada warga yang terdampak.

Menurut Eko, agar bantuan ini dapat sampai tepat sasaran mereka akan membentuk tim untuk mengkaji kebutuhan warga Sumatera Selatan saat ini. Bantuan ini diperkirakan untuk memenuhi kebutuhan oksigen, obat-obatan, insetif bagi tenaga kesehatan, termasuk juga tempat isolasi bagi masyarakat.

Baca juga: Harus Tahu, Pastikan Dept Collector Bawa Dokumen Ini saat Penagihan

Selalu memberikan bantuan

Menurut dokter pribadinya, Prof dr Hardi Darmawan mengatakan bahwa Sosok almarhum Akidi Tio merupakan sosok yang selalu memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Bahkan kebiasaan tersebut beliau ajarkan kepada tujuh anaknya yang kini juga sudah menjadi pengusaha sukses yang mayoritas tinggal di Jakarta.

Memberikan bantuan tanpa publikasi

Diketahui keluarga Akidi Tio sangat dermawan dalam memberikan bantuan rutin ke masyarakat. Keluarga Akidi Tio dibenarkan jika memberikan bantuan tanpa ada publikasi ke media.

Sebelum bantuan hibah sebesar Rp2 triliun ini, ternyata sudah banyak bantuan yang diberikan oleh keluarga almarhum Akidi Tio. Dalam penanganan COVID-19 seperti kiriman makanan, hanya saja tidak dipublikasikan.