Tol Ciawi-Sukabumi Tembus Cibadak Akhir 2021, Bisa Hemat Waktu 2 Jam

Jalan tol Ciawi-Sukabumi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian PUPR.

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi II ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran ruas tol tersebut dapat menjadi jalan alternatif penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar wilayah Sukabumi. Seperti Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, hingga Geopark Ciletuh 

"Serta akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan wilayah Jawa Barat bagian selatan seperti Bogor dan Ciawi," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa 10 Agustus 2021.

Basuki menambahkan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik, dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Semakin lancarnya konektivitas, diharapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya serta mendukung produktivitas sektor pariwisata.

Baca juga: Ungkapan Puas Nasabah usai Migrasi ke Bank Syariah Indonesia

"Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas," ujarnya.

Diketahui, Ruas Tol Cigombong-Cibadak yang terkoneksi dengan wilayah Bogor, akan terhubung dengan Tol Jagorawi. Sehingga, dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi yang sebelumnya 4-5 jam melalui jalan alteri menjadi 1-2 jam lebih cepat.

Ruas Cigombong-Cibadak merupakan bagian dari Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km. Saat ini pembangunan ruas tol ini sudah  mencapai 75,55 persen, dan ditargetkan selesai akhir 2021 mendatang.

Secara kesuruhan, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yakni PT Trans Jabar Tol, yang terdiri dari empat seksi. Yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km yang sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian Seksi II Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km, dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Jalan Tol ini nantinya akan terkoneksi dari Jakarta menuju Kota/Kabupaten Sukabumi dengan terhubung Jalan Tol Jagorawi di sebelah utara. Diharapkan dengan selesainya Tol Ciawi-Sukabumi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.