Minim Sentimen IHSG Kembali Tertekan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Karyawan melewati monitor pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plaza Bank Mandiri, Jakarta. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 20 poin atau 0,33 persen di level 6.249 pada pembukaan perdagangan Senin 4 Oktober 2021.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya menjelaskan, pola pergerakan IHSG terlihat sedang berupaya untuk kembali ke rentang konsolidasi wajar.

"Setelah mengalami kenaikan pada beberapa waktu sebelumnya," kata William dalam riset hariannya, Senin 4 Oktober 2021.

Baca juga: Bikin Geger, Ini Penampakan Bambu yang Dipakai PUPR Buat Jalan Tol

Pada saat yang sama, William juga mengatakan bahwa gelombang tekanan yang sedang terjadi sejak beberapa waktu lalu, hingga saat ini terlihat masih belum akan berakhir.

Hal ini menurutnya dapat dilihat dari masih minimnya sentimen, kemudian masih ditambah lagi dengan kondisi perlambatan perekonomian yang masih terjadi hingga saat ini.

Sementara itu, lanjut William, fluktuasi harga komoditas serta nilai tukar rupiah yang masih terjadi hingga saat ini, juga diperkirakan belum akan memberikan daya tambah bagi pergerakan IHSG.

"Diprediksi IHSG akan melaju di rentang support 6.123 dan resistance 6.336," ujarnya.

Selain itu, William juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ASRI, ITMG, JSMR, TBIG, AALI, BBRI, dan ADHI.