PUPR: 1.409 UMKM Tercatat Jualan di Rest Area Jalan Tol RI

UMKM di rest area Jalan tol.
Sumber :
  • Instagram @pupr_bpjt

VIVA – Dalam upaya menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi soal peningkatan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengisi ruang di rest area Jalan tol Kementerian PUPR terus meningkatkan ketersediaan fasilitas dan pelayanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

Dikutip dari instagram BPJT Kementerian PUPR, Jumat 15 Oktober 2021, TIP atau rest area jalan tol kini terus mengutamakan diisi oleh UMKM untuk mengisi produk unggulannya yang ada dari sebuah daerah untuk menjajakan kepada pengunjung melalui produk-produk dari kuliner hingga buah tangan.

Ketersediaan ruang usaha pada TIP diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat sekitar serta mendekatkan UMKM dengan konsumen untuk mempromosikan brand dan produk lokal, termasuk kuliner.

Baca juga: Senangnya Jokowi Lihat Wajah Baru Labuan Bajo, Puji Menteri PUPR

Hingga saat ini, persentase tenant UMKM dan Non UMKM yang berada di TIP Jalan Tol seluruh Indonesia yakni sebanyak 76 persen UMKM dan 24 persen Non UMKM. Sehingga secara keseluruhan total UMKM yang sudah mendirikan gerainya di seluruh TIP terbagi menjadi sebanyak 1.409 UMKM dan 441 Non UMKM.

Untuk mendukung promosi produk lokal daerah yang dilalui jalan tol, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) PUPR No. 28/PRT/M/2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol yang mengatur fasilitas yang harus tersedia di TIP.

Penyediaan fasilitas UMKM pada rest area/Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dilaksanakan di sepanjang Jalan Tol di Pulau Jawa yang terdiri dari 64 TIP, di Jalan Tol Trans Sumatera sebanyak 21 TIP, dan Jalan Tol Pulau Kalimantan terdapat 1 TIP.