Dorong BUMN Go Global, Jokowi Pesan ke Para Dirut: Cepat Adaptasi

Presiden Jokowi beri pengarahan kepada sejumlah Direktur Utama BUMN
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mendorong perusahaan BUMN untuk dapat bersaing secara global. Di tengah era disrupsi yang begitu cepat, didukung perkembangan teknologi yang terus bermuktahir, Presiden ingin kerja perusahaan negara terus berdapatasi. Terlebih saat ini juga dunia menghadapi era revolusi industri 4.0. 

Demikian disampaikan Presiden saat memberikan arahan kepada para Direktur Utama BUMN di Hotel Meruorah Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang baru ditayangkan di akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu 16 Oktober 2021. 

“Ini mau kita bawa, BUMN ini go global, bersaing di internasional. Jadi, ya mulai harus menata, adaptasi pada model bisnisnya, teknologinya, paling penting ini. Dunia sudah kayak gini, revolusi industri 4.0, disrupsi teknologi, ada pandemi,” ucap Jokowi.

Baca juga: Media Asing Soroti Azan di Jakarta, Kemenag Jelaskan Aturannya

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Water Front, Labuan Bajo.

Photo :
  • Instagram @jokowi / Agus Suparto

Jokowi mengingatkan agar seluruh perusahaan BUMN untuk cepat beradaptasi pada model bisnis baru seiring dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan perusahaan global lainnya.

“Kalau mau cepat, kita beradaptasi itu, cara yang paling cepat adalah ber-partner, perusahaan global mana yang paling baik, ajak, pasti mau itu dengan kita,” ucap Kepala Negara.

Di samping itu, Jokowi juga meminta perusahaan BUMN untuk memperhatikan aspek keekonomian dan indikator tingkat efisiensi dari investasinya atau internal rate of return (IRR).

Untuk dapat bertahan dan bersaing, kata Jokowi, perusahaan pun harus menyiapkan SDM dan ekosistem yang sehat. Transformasi bisnis sudah menjadi suatu keharusan.

"Tolong dihitung, karena apa pun BUMN ini adalah perusahaan negara, social impact-nya dihitung juga. Dan yang paling penting, review terus keekonomiannya. Berhitung, kalkulasi, sehingga kita bisa tahu pertumbuhan ke depan itu akan seperti apa,” kata Jokowi.