Jokowi: RI Bakal Jadi Pusat Industri Halal Dunia Tahun 2024

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA –  Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia di tahun 2024 menjadi pusat industri halal dunia. Menurut Presiden, Indonesia punya potensi besar di situ. 

“Saya target tujuan tersebut dapat tercapai pada tahun 2024," ujar Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) Digital Edition tahun 2021, Kamis 21 Oktober 2021.

Menurut Jokowi, industri halal bisa beragam dan masuk ke berbagai lini bisnis. Ia mencontoh seperti pakaian atau busana muslim yang bergerak di ranah fesyen. Mengutip data dari State of Global Islamic, menyebutkan belanja warga muslim dunia mencapai lebih dari 2 triliun dolar AS. 

“(Terdapat) di sektor makanan, produk, farmasi, kosmetik, fashion, serta rekreasi tentu ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan,” ujar Kepala Negara. 

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Presiden Jokowi.

“Indonesia berpotensi sebagai pusat industri halal dunia, sekaligus kiblat industri fashion dunia,” sambungya.

Sekadar diketahui, pada gelaran TEI Digital Edition tahun ini diselenggarakan juga pameran busana muslim dan forum halal. Pameran itu disebut Presiden sebagai salah satu solusi untuk menghubungkan para pelaku usaha khususnya eksportir dan pembeli. Bisa juga terjadinya penjajakan kerja sama.