Dorong Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Begini Cara BTN

BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk berkomitmen mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan di berbagai daerah. Salah satunya dengan menerapkan konsep profit, people dan planet. 

Direktur Compliance and Legal BTN Eko Waluyo mengungkapkan, dalam menerapkan konsep tersebut, BTN bekerjasama dengan Pemerintah Daerah di berbagai tempat. Salah satunya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Tengah.

Hal itu kali ini diwujudkan dengan memberikan bantuan sarana prasarana Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM). Serta pelatihan untuk para pelaku UMKM di daerah Banyuwangi khususnya di destinasi wisata Pantai Cemara. Penanaman 10.000 mangrove, pelepasan 1.000 tukik juga dilakukan pada akhir pekan lalu.

“Kegiatan ini sebagai dukungan ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia,” ujar Eko dikutip dari keterangannya, Senin, 25 Oktober 2021.

Baca juga: Intip Cuan GoTo Dapat Investasi Triliunan dari Abu Dhabi

Eko menuturkan, sebagai entitas bisnis, BTN tidak hanya memikirkan mengenai bagaimana mengembangkan bisnis dari sisi keuntungan atau profit. Namun juga mengembangkan potensi sumber daya manusia di sekitar tempat berusaha sehingga bisa menjadi pusat unggulan di lingkungan sekitarnya. 

Eko mengungkapkan, pembangunan yang berkelanjutan dan keterkaitan antara lingkungan dan ekonomi telah menjadi konsep yang penting bagi pengambil keputusan di Indonesia. Salah satu tujuan penerapan pembangunan berkelanjutan yaitu mengurangi kesenjangan sosial, mengurangi dan mencegah kerusakan lingkungan hidup, menjaga keanekaragaman hayati, dan mendorong efisiensi pemanfaatan energi dan sumber daya alam.

BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

“BTN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara memiliki tanggung jawab untuk berperan serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan,” katanya.

Eko menjelaskan, kegiatan bersama Pemda Banyuwangi adalah upaya untuk dapat terus menjaga keberlangsungan keseimbangan lingkungan. Serta, mendorong bergeraknya perekonomian dan pariwisata setempat.

"Ke depannya BTN sebagai Badan Usaha Milik Negara yang merupakan agen pembangunan tentunya dapat mendukung program-program pemerintah daerah Banyuwangi melalui produk-produk perbankan yang menyeluruh yang dimiliki oleh BTN,” tegas Eko.