Beli Rumah dengan Gaji Bulanan Rp4 Juta, Ini Caranya

Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id – Setiap orang memiliki keinginan untuk memiliki rumah tinggal pribadi yang layak. Namun mewujudkan keinginan tersebut bukanlah hal yang mudah. Butuh perjuangan yang maksimal agar keinginan tersebut dapat terwujud dan ini pun bergantung dari penghasilan yang dimiliki nasabah.

Jika penghasilan nya cukup besar maka dapat memiliki rumah dengan cara membeli tunai. Namun bila ternyata penghasilan yang dimiliki setiap bulannya hanya sebesar empat jutaan rupiah, maka ini membutuhkan strategi agar dapat mewujudkan keinginan memiliki rumah pribadi.         

Harga rumah saat ini sudah semakin melonjak, apalagi pada saat semua kebutuhan ekonomi naik, harga rumah juga ikut naik. Hampir setiap orang ingin punya tempat tinggal sendiri, namun ada rasa khawatir yang di rasakan ketika ingin memiliki rumah pribadi.

Mulai dari khawatir tidak dapat menabung dan kekhawatiran lainnya dalam memiliki rumah membuat masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp4 juta tersebut pasrah dan cenderung sewa rumah untuk tinggal. Selain dari uang yang digunakan untuk membeli rumah, setiap orang harus memiliki tekad yang kuat untuk memiliki rumah, sehingga dapat dimiliki di usia yang relatif muda nantinya.

Berikut beberapa tips agar dapat memiliki rumah dengan penghasilan Rp4 juta:

1.Mengikuti program KPR pemerintah

Program yang sudah cukup lama dicanangkan oleh kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat membantu masyarakat yang berpenghasilan kecil agar memiliki rumah tinggal dengan adanya subsidi. dengan minimal uang muka dua puluh jutaan sudah termasuk biaya surat-surat, nasabah sudah dapat memiliki rumah tinggal yang layak huni.

2.Investasi untuk cicilan rumah yang ringan

Dalam hal ini bertujuan agar nasabah tidak mengalami kerepotan dalam pembayaran cicilan per bulannya. Investasi apapun bentuknya selain saham dapat membantu nasabah ke depannya dalam pembayaran uang muka rumah nantinya. Nasabah dapat memulai nya dari program investasi di bank ataupun jenis lain agar uang yang dimilikinya dapat berkembang lebih besar untuk membeli rumah nantinya.

Baca Juga: Miliki Disiplin Kerja dengan 5 Strategi Ini

3.Investasi dalam bentuk emas

Emas merupakan salah satu instrumen yang baik untuk investasi jangka panjang. Berbeda dengan tabungan yang cenderung dipotong setiap bulan untuk biaya administrasi dan lain-lain sehingga tidak menjamin uangnya berkembang.

Harga emas yang trennya selalu naik ini dapat membantu nasabah yang memiliki penghasilan yang relatif pas-pasan agar dapat mengikuti program KPR pemerintah. membeli emas baiknya saat sedang turun. bila tidak mampu membeli emas dengan tunai maka dapat mencicil lewat bank ataupun pegadaian.

4.Mencicil sebidang tanah

Cara ini juga sangat membantu untuk mendapatkan rumah sendiri yang layak huni. Sehingga ketika sudah lunas tanah yang dicicilnya tersebut dapat secara perlahan membangun rumah tinggal yang diinginkan.

Lihat juga infrastruktur yang tersedia serta fasilitas umum yang ada. Agar memudahkan dalam proses pembangunan rumah dan memudahkan memilih tanah yang akan diambil karena berkaitan dengan harga mahal dan murahnya.

Baca Juga: Mau Keluarga Bahagia? Ini 10 Rahasianya

5.Membeli rumah yang ada di kampung

Rumah kampung memiliki kelebihan tanah yang luas dan harga yang lebih murah. Selain itu, pengalaman bermasyarakat di kampung pun jauh lebih luas di bandingkan di perumahan. Jadi, walau harga sama namun ukuran tanah dan bangunan jauh lebih besar di bandingkan perumahan.

6.Ubahlah gaya hidup

Dengan langkah ini akan membantu nasabah mempersiapkan uang yang dibutuhkan untuk memiliki rumah dengan menganggarkan pengeluaran untuk gaya hidup yang tinggi dialokasikan untuk investasi.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Karir Anda Cemerlang

https://www.cermati.com/artikel/7-hal-yang-membuat-karir-anda-cemerlang

7.Kencangkan ikat pinggang

Jika memiliki tekad kuat memiliki rumah buatlah agar lima puluh persen dari penghasilan yang dimiliki di tabung atau diinvestasikan. minim kan pengeluaran yang dirasa tidak perlu.

Bulatkan niat, dan miliki rumah impian Anda.

Itulah tadi bahasan tentang tujuh tips kelola gaji di bawah Rp4 juta agar bisa beli rumah. Tidak terlalu sulit untuk menerapkan tips tersebut, yang penting niat dalam usaha dan bisa menahan keinginan untuk membeli barang-barang lain, agar uang dapat terkumpul dan bisa membeli rumah yang di inginkan.

Baca Juga: Gaji PNS 2016, Apakah Ada Kenaikan?

(ren)