RI Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ulama Sedunia

Hujan Sambut Kunjungan Presiden Jokowi di Afganistan
Sumber :
  • REUTERS/Massoud Hossaini/Pool

VIVA – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah pertemuan ulama tingkat internasional. Hal ini disampaikan dalam pertemuannya dengan Ketua Dewan Perdamaian Afghanistan, Karim Khalili di Istana Haram Sarai, Afghanistan, 29 Januari 2018 waktu setempat.

"Indonesia siap menjadi tuan rumah. Saran saya, pertemuan itu bersifat inklusif," kata Jokowi dalam pertemuan tersebut sebagaimana keterangan pers Sekretariat Presiden. 

Tindak lanjut pertemuan ini segera dibahas di Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan, kunjungannya ke Kabul digunakan untuk meneguhkan komitmen Indonesia membantu peace building di Afghanistan sebagaimana yang diminta langsung oleh Presiden Afghanistan. 

Kunjungan ini juga dimanfaatkan oleh Presiden untuk melakukan pembicaraan yang lebih detail mengenai langkah yang akan diambil pada waktu ke depan, termasuk rencana penyelenggaraan pertemuan ulama internasional. 

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyampaikan rasa dukanya atas tragedi yang terjadi di Kabul beberapa waktu belakangan yang merenggut korban hingga ratusan jiwa. Dalam waktu sembilan hari, terjadi empat serangan di Kabul di lokasi berbeda, termasuk serangan bom dengan menggunakan mobil ambulans.

"Saya turut mendoakan agar keluarga dan sahabat yang ditinggal diberi ketabahan. Kekejian ini tidak akan melunturkan semangat kita. Namun hanya akan semakin memperkuat keinginan untuk menciptakan perdamaian," ujar Jokowi.