Rumah Mantan PM Malaysia Najib Razak Digeledah polisi

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

Polisi Malaysia menggeledah rumah mantan perdana menteri, Najib Razak, sepekan setelah ia dikalahkan di pemilihan umum.

Sejumlah kendaraan polisi berkeliling di depan rumahnya setelah hari mulai gelap, lapor media lokal.

Perdana menteri baru, Mahathir Mohamad, sebelumnya mengatakan bahwa ia berniat membuka kembali investigasi korupsi terhadap mantan sekutunya itu.

Najib menyangkal telah melakukan kesalahan apapun.

Pihak imigrasi melarang Najib dan istrinya meninggalkan Malaysia pada Sabtu lalu, ketika Najib hendak terbang ke Jakarta.

Polisi mengkonfirmasi bahwa mereka menggeledah properti Najib, namun tidak bisa memerinci lebih lanjut, lapor surat kabar .

Najib telah sejak lama didera tuduhan korupsi terkait dana investasi negara yang ia dirikan, 1MDB.

Pada 2015, ia dituduh mengantongi sekitar $700 juta (sekitar Rp1 triliun) dari dana tersebut, tapi kemudian dinyatakan tak bersalah oleh aparat.


- Reuters

Lebih dari 100 orang, termasuk polisi, jurnalis, dan warga setempat, berkerumun di luar rumah Najib.

Sejumlah petugas polisi memasuki rumah setelah ia pulang dari salat di masjid, kata seorang saksi mata kepada kantor berita .

Koalisi yang dipimpin Najib, Barisan Nasional, mengalami kekalahan tak terduga pada pemilu 9 Mei lalu, setelah lama berkuasa.

Mantan mentornya yang berusia 92 tahun, Mahathir Mohamad, dilantik sebagai perdana menteri pada Kamis pekan lalu.

Mahathir mengatakan ia akan mengembalikan uang jutaan dolar yang hilang dalam skandal 1MDB.

Ia telah mengganti jaksa agung dan para pejabat di agensi antikorupsi.

Pekan ini ia juga membebaskan politikus reformis Anwar Ibrahim, mantan saingannya, yang dipenjara karena sodomi, hukuman yang dipandang luas bermotif politik.

Mahathir membuat kesepakatan dengan Anwar, menawarkan pengampunan jika Anwar bersedia mendukungnya untuk maju sebagai kandidat oposisi.

Dalam kesepakatan tersebut, Mahathir akan menjabat sebagai perdana menteri selama dua tahun, sebelum menyerahkan kekuasaan kepada Anwar.


Poster Perdana Menteri Mahathir Mohammad (kiri) dan politikus Anwar Ibrahim. - Reuters

Pada Rabu (16/05), Anwar mengatakan kepada BBC bahwa ia membuat kesepakatan tersebut dengan berat hati. "Anak-anak saya menangis karena mereka berpikir, `Kenapa kamu harus bekerja dengan orang ini?`"

Namun demikian, ia mengatakan telah mengatasi rasa kecewanya. "Kita harus melangkah maju. Kita bicara tentang negara, kita bicara tentang menyelamatkan Malaysia," tuturnya.

Bagaimana Najib Razak terlibat dalam skandal korupsi?

Najib Razak telah lama menghadapi tuduhan korupsi dan salah urus terkait badan investasi 1MDB, yang ia dirikan sesaat setelah resmi menjabat sebagai perdana menteri Malaysia pada 2009.

1MDB didirikan dengan tujuan menaikkan pertumbuhan ekonomi Malaysia melalui investasi strategis.

Namun perusahaan tersebut mulai mendapat perhatian negatif pada 2015 lalu, setelah surat kabar melaporkan bahwa terdapat US$700 juta yang ditransfer dari 1MDB ke beberapa rekening bank pribadi Najib.

Najib selalu menyangkal tuduhan itu.