Kampanye Larangan Menkonsumsi Daging Anjing di China

Jia Tingting menjadi relawan di sebuah tempat penampungan anjing di luar kota Beijing.
Sumber :
  • abc

Aktivis hewan di China menggunakan Tahun baru Imlek tahun Anjing untuk mendorong larangan perdagangan daging anjing - yang dipandang sebagai tradisi di beberapa bagian dari negara ini.

Mereka mengatakan sudah waktunya Partai Komunis China menghidupkan kembali rancangan UU Perlindungan Terhadap Binatang yang dibuat di tahun 2009.

"Saya merasa bahwa saya sudah menunggu adanya aturan seperti ini sepanjang hidup saya." kata Wang Liping, 60 tahun yang memiliki rumah penampungan anjing di pinggiran ibukota China,Beijing.

Tradisi bisa diubah

Setiap akhir pekan, sekelompok pecinta hewan yang kebanyakan anak muda melakukan perjalanan dari kota untuk menjadi sukarelawan di tempat penampungan anjing milik Wang, untuk membersihkan dan merawat ratusan anjing liar.

Para relawan bersikeras bahwa tempat penampungan itu telah berhasil menyelamatkan banyak hewan dari pedagang daging anjing.

"Ada banyak orang di China yang makan daging anjing karena itu kebiasaan tradisional," kata Wang.

"Namun tradisi itu bisa berubah."

Jia Tingting membersihkan tempat penampungan anjing yang diselamatkan milik Wang Liping.

ABC News: Brant Cumming

Menurut survei yang dilakukan oleh satu kelompok advokasi hak binatang, kurang dari sepertiga dari 1,4 miliar orang China pernah makan anjing, dan itu hanya populer di daerah tertentu di bagian selatan, tengah dan timur laut Cina.

Para pendukung konsumsi daging anjing mengklaim anjing-anjing yang dikonsumsi hasil dari pembiakan secara khusus untuk dijadikan anjing pedaging di peternakan berskala kecil dan, di beberapa tempat, jenis dan ukuran anjing yang konsisten dijual menunjukkan ini bisa menjadi kasus.

Namun aktivis seperti Han Yingjie mengatakan pencurian anjing merupakan bagian terbesar dari perdagangan daging anjing.

"Anda tidak bisa mendapat untung membesarkan anjing untuk menjadi pedaging karena terlalu mahal untuk memberi makan mereka," katanya kepada ABC.

"Tapi jika kamu mencuri seekor anjing, maka anda bisa memperoleh untung."

Aktivis pencinta hewan Han Yingjie mengatakan penjual daging anjing hanya akan mendapat untung dengan mencuri anjing.

ABC News: Brant Cumming

Han dan jaringan relawan saling bertukar informasi tentang truk-truk yang membawa anjing, dan mengikuti mereka di jalan raya untuk menghentikannya.

"Saya ingat ketika saya pertama kali mulai menyelamatkan anjing, supir truk tidak tahu sebelumnya ini." katanya.

"Kami memanggil polisi, dan dengan bantuan mereka, kami menyelamatkan anjing-anjing itu.

"Tetapi kemudian, para pengemudi mulai memanggil preman untuk mengancam kami, Beberapa memiliki pisau, tongkat, bahkan senjata."

Kelompok-kelompok hak asasi hewan khawatir liputan media asing di negara yang tidak dikenal memiliki toleransi  terhadap kelompok-kelompok masyarakat sipil.

Tetapi tampaknya pekerjaan mereka telah meningkatkan dukungan di kalangan kelas menengah urban Cina seiring dengan melambungnya kepemilikan hewan peliharaan.

"Anjing peliharaan tidak enak dimakan"

Kelompok penentang perdagangan daging anjing dalam beberapa tahun terakhir memfokuskan kegiatan mereka pada festival musim panas tahunan di kota selatan Yulin yang mempromosikan daging anjing.

Para pendukung hidangan ini menganggapnya sebagai daging anjing sebagai daging yang "menghangatkan" yang enak dimakan selama musim dingin juga.

Wu Xianghai adalah pemilik sekaligus koki di restoran Daging Anjing Huaihai Authentic di pinggiran Guiyang, ibu kota provinsi Guizhou.

"Anjing yang kami masak di sini dikenal sebagai "gou to atau "anjing Cina" - itu seperti anjing pengawas," katanya lagi kepada ABC.

"Hanya anjing jenis ini rasanya enak."

"Anjing peliharaan enak dimakan."

Xianghai Wu dan istrinya menyajikan hot pot daging anjing ke kelompok pelanggan setia setiap malam sementara putri kembar mereka yang berusia sepuluh tahun mengerjakan PR di restoran.

"Makan anjing jenis ini - anjing Cina - telah menjadi tradisi di sini selama seratus tahun," katanya.

"Kamu tidak bisa membesarkan anjing ini sebagai hewan peliharaan, mereka sangat ganas, mereka selalu menggigit orang   dan itu tidak mau mendengarkan mereka."

Wu Xianghai mengatakan dia tidak menggunakan hewan anjing peliharaan untuk masakan yang menjadi keahliannya, hotpot anjing.

ABC News: Brant Cumming

Wu Xianghai dan banyak pelanggannya percaya para aktivis hewan tidak mengerti perbedaan antara hewan peliharaan dan hewan untuk daging.

Mereka menunjukkan banyak penentang daging anjing tidak memiliki keraguan tentang makanan dari hewan lain, di negara di mana vegetarisme jarang terjadi.

Jika rancangan undang-undang tentang kekejaman hewan harus direvisi, itu berpotensi menjadi penyembelihan anjing untuk daging akan dilarang.

Wu Xianghai mengatakan itu akan mengakhiri tradisi lokal.

Tapi Han Yingjie mengatakan ini adalah tradisi yang harus ditinggalkan.

"Dulu ada kebiasaan mengikat kaki perempuan - apakah wanita masih melakukan itu?"

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.