Protes Pemerintah Hipokrit, Ribuan Pelajar-Mahasiswa Lumpuhkan Dhaka

Massa pelajar dan mahasiswa lumpuhkan Kota Dhaka, Bangladesh
Sumber :
  • Md Ekhlachur Mondoll/via REUTERS

VIVA – Ribuan pelajar termasuk mahasiswa berdemonstrasi besar-besaran selama lima hari di Ibu Kota Dhaka, Bangladesh. Aksi massa ini dipicu tewasnya dua orang pelajar sekolah akibat bus kota ugal-ugalan yang sering terjadi di negara tersebut.

Dikutip dari laman BBC, turunnya ribuan pelajar sekolah khususnya pelajar SMA dan mahasiswa ke jalan menyebabkan Kota Dhaka Lumpuh. Mereka menuntut pemerintah segera bertindak, karena selama ini dianggap abai dan tak mempedulikan keselamatan rakyatnya dengan fasilitas umum yang buruk.

Pemerintah dan para menteri dicap hipokrit. Ketidakpedulian mereka akhirnya menyulut kemarahan publik. Belum lagi masalah kemiskinan dan kesenjangan yang sangat lebar di negara itu.

Sementara itu, menteri pendidikan telah menutup seluruh SMA untuk sementara waktu dan menjanjikan agar menanggulangi masalah ini. Namun, hal tersebut tak membuat aksi protes berhenti.

"Mereka seharusnya serius menanggapi permintaan kami, nyatanya tidak," kata Imran Ahmen, salah satu pelajar yang ikut dalam aksi.