Trump Harap Cemas Tunggu Surat Pribadi dari Kim Jong-un

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura
Sumber :
  • Kevin Lim/The Straits Times via REUTERS

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan sedang menunggu surat dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang diyakini berisi pesan positif.

Hal ini dikatakan Trump sehari setelah mengungkapkan optimisme baru atas kesepakatan denuklirisasi terhadap Korea Utara.

"Saya tahu ada surat yang dikirimkan kepada saya, surat pribadi dari Kim Jong-un kepada saya. Surat itu diserahkan ke perbatasan kemarin. Itu adalah cara elegan dan saya pikir itu akan menjadi surat positif," kata Trump kepada wartawan, seperti dikutip Reuters, pada Sabtu, 8 September 2018.

Pernyataan optimis Trump juga muncul setelah pejabat dari Korea Selatan, yang bertemu dengan Kim Jong-un di Pyongyang, meyakinkan bahwa pemimpin Korut itu telah memberikan timeline pertama terkait denuklirisasi.

Menurut para pejabat Korea Selatan, Kim menegaskan bahwa keyakinannya kepada Trump tidak berubah dan ingin melanjutkan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Kim Jong-un juga berniat mengakhiri hubungan permusuhan dengan Amerika Serikat, sebelum masa jabatan Trump akan berakhir di awal 2021.

Tetapi hingga kini belum ada indikasi bahwa Kim telah memberikan langkah-langkah yang lebih konkret untuk menyerahkan senjata nuklirnya.