Badai Trami Diprakirakan Hantam Jepang Akhir Pekan Ini

Ilustrasi badai
Sumber :
  • NASA/NOAA/GOES West/Handout via Reuters

VIVA – Badan cuaca Jepang memperkirakan badai besar akan menyapu wilayah Jepang akhir pekan ini. Dikenal dengan sebutan Trami, badai itu bakal membawa angin kencang dan hujan deras.

Saat ini, Badai Trami yang membawa embusan angin maksimum 126 kilometer per jam di dekat pusat badai, berada di wilayah Pasifik dan secara perlahan menuju pulau-pulau selatan Jepang.

"Karena diperkirakan akan melintasi Jepang dengan kecepatan tinggi, kami mengimbau orang-orang untuk waspada," kata Sakiko Nishioka dari Badan Meteorologi Jepang.

Badai Trami sekarang bergerak ke arah barat laut secara perlahan. Namun diperkirakan akan mengarah ke timur, dekat pulau Okinawa dan Amami, Sabtu ini.

"Waspada terhadap angin kencang, gelombang tinggi dan hujan lebat," ujarnya seperti dilansir Channel News Asia.

Setelah menumpahkan hujan deras di pulau-pulau kecil, badai itu diperkirakan akan menambah kecepatan dan mendekati Jepang barat pada Minggu. Topan juga akan terasa sangat kuat karena menghantam daratan.

Dua maskapai utama Jepang, JAL dan ANA mulai membatalkan beberapa penerbangan domestik. Jika topan tersebut terjadi,  ini akan menjadi peristiwa alam terbaru dari beberapa topan ekstrem yang menyerang Jepang, beberapa waktu terakhir. (ren)